Idiom Tiongkok – Kakek Bodoh (Yu Gong) Memindahkan Gunung (愚公移山 Yu Gong Yi Shan)

Spread the love

Tionghoa Org - Idiom Tiongkok – Kakek Bodoh (Yu Gong) Memindahkan Gunung (愚公移山 Yu Gong Yi Shan) - 1

愚公移山
yú gōng yí shān
Kakek bodoh (Yu Gong) memindahkan gunung

愚 yú – bodoh atau Yu dari nama Yu Gong
公 gōng – kakek atau Gong dari nama Yu Gong
移 yí – menggeser
山 shān – gunung

Yu Gong Yi Shan (愚公移山) adalah idiom bahasa Tionghoa, yang berasal dari “Liezi · Tangwen” oleh Lie Yukou pada Periode Negara Berperang.

Idiom Yu Gong Yi Shan adalah metafora untuk ketekunan yang sangat kuat dan semangat tidak takut akan kesulitan dan pengorbanan. Idiom ini dapat digunakan sebagai subjek atau atributif dalam sebuah kalimat.

Kisah Idiom 愚公移山

Tionghoa Org - Idiom Tiongkok – Kakek Bodoh (Yu Gong) Memindahkan Gunung (愚公移山 Yu Gong Yi Shan) - 2

Dahulu kala, ada seorang lelaki tua bernama Yu Gong. Jalan di depan rumahnya terhalang oleh dua gunung besar. Setiap keluar rumah, dia harus menempuh rute yang lebih jauh hanya untuk mengitari pegunungan, dan sangat merepotkan.

Suatu hari, Yu Gong berkata kepada keluarganya: “Mari kita bekerja sama dan memindahkan gunung-gunung yang menghalangi rumah kita. Bagaimana menurut kalian?” Semua orang mengangguk dan setuju dengan Yu Gong.

Besoknya, Yu Gong, bersama putra dan cucunya, mulai menggali di kaki gunung. Zhi Sou, lelaki tua lainnya, tidak bisa menahan tawa pada mereka. Dia berkata: “Yu Gong, kamu tidak berpikir jernih. Di usia Anda, energi Anda terbatas. Anda tidak dapat memindahkan gunung bahkan jika itu adalah hal terakhir yang Anda lakukan.”

Yu Gong mendengarnya dan tertawa: “Zhi Sou, kaulah yang tidak berpikir jernih! Saya mungkin sudah tua, tapi anak saya akan terus bekerja, lalu cucu saya, dan seterusnya. Tidak ada batasan untuk tenaga kerja keluarga saya. Melihat gunung tidak akan tumbuh, akan ada hari kita memindahkan gunung ini.” Zhi Sou mendengar ini dan terdiam dan pergi.

Para dewa mendengar ini dan mereka mengirim dua makhluk abadi untuk memindahkan kedua gunung tersebut. Pegunungan tersebut kemudian tidak lagi menghalangi rumah Yu Gong.

Arti Idiom 愚公移山

Idiom ini menceritakan kisah Yu Gong yang tidak takut pada kesulitan, bertahan, dan terus menggali gunung. Idiom dan kisah Yu Gong Yi Shan memberi tahu kita bahwa kita harus bertahan dan terus berusaha jika ingin mengatasi kesulitan dan akhirnya akan sukses.

Itu mencerminkan keberanian dan ketekunan, menunjukkan kepercayaan diri dan ketekunan yang gigih, dan menjelaskan kebenaran bahwa harus bertahan dan terus berjuang untuk mengatasi kesulitan.

Contoh Kalimat Dengan Idiom 愚公移山

1. 只要有愚公移山的精神,就什么困难都能克服。
Zhǐyào yǒu yúgōngyíshān de jīngshén, jiù shénme kùnnán dōu néng kèfú.
Selama Anda memiliki semangat Yu Gong Yi Shan (Yu Gong memindahkan gunung), Ada dapat mengatasi segala kesulitan.

2. 做事如果有愚公移山的精神,遇到再大的困难也不怕。
Zuòshì rúguǒ yǒu yúgōngyíshān de jīngshén, yù dào zài dà de kùnnán yě bùpà.
Jika Anda memiliki semangat Yu Gong Yi Shan (Yu Gong memindahkan gunung) dalam pekerjaan Anda, Anda tidak akan takut dengan kesulitan apapun.

3. 遇到再大的困难,我们都要有愚公移山的精神。
Yù dào zài dà de kùnnán, wǒmen dōu yào yǒu yúgōngyíshān de jīngshén.
Sesulit apapun yang kita hadapi, kita harus memiliki semangat Yu Gong Yi Shan (Yu Gong memindahkan gunung).

4. 在学习上,我们要发扬愚公移山的精神。
Zài xuéxí shàng, wǒmen yào fāyáng yúgōngyíshān de jīngshén.
Dalam belajar, kita harus memiliki dan meneruskan semangat Yu Gong Yi Shan (Yu Gong memindahkan gunung).

5. 咱们要拿出愚公移山的精神,把咱们的致富路给修起来。
Zánmen yào ná chū yúgōngyíshān de jīngshén, bǎ zánmen de zhìfù lù gěi xiū qǐlái.
Kita harus menggunakan semangat Yu Gong Yi Shan (Yu Gong memindahkan gunung) untuk membangun jalan kita menuju kekayaan.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 2 =