Idiom Tiongkok : Latihan Membuat Sempurna (熟能生巧 Shu Neng Sheng Qiao)

Spread the love

Idiom Tiongkok : Latihan Membuat Sempurna (熟能生巧)

熟能生巧
Shúnéngshēngqiǎo
Practice make perfect

熟 – shú – terlatih, berpengalaman
能 – néng – kepandaian, ketrampilan
生 – shēng – melahirkan
巧 – qiǎo – mahir,terampil

Kisah Idiom 熟能生巧

Ada seorang pemanah hebat bernama Chen Yaozi (Hanzi: 陈尧咨, Pinyin: Chén Yáozī) di Dinasti Song Utara (960-1127).

Suatu hari, dia berlatih memanah di rumah dan mengenai sasaran dengan delapan atau sembilan dari sepuluh anak panah.

Penonton bertepuk tangan dan berseru, “Panahan yang hebat!”

Chen Yaozi juga merasa sangat senang.

Namun, seorang pedagang tua yang menjual minyak goreng di dekatnya hanya mengangguk sedikit dan tidak menganggap tinggi keahlian memanah Chen.

Chen Yaozi sangat tidak senang, bertanya, “Apakah kamu juga seorang pemanah? Bagaimana Anda menyukai panahan saya? Si pedagang keliling tersebut menjawab dengan terus terang, “Saya tidak tahu memanah. Anda melakukannya dengan baik. Namun, memanah tidak memiliki rahasia apapun. Latihan membuat sempurna. Chen Yaozi menjadi sangat marah, “Apa keahlianmu? Beraninya kau mengomentari panahanku?”

Pedagang tua itu kemudian mengeluarkan koin tembaga dan menutupinya di lubang labu yang dulu berisi minyak goreng.

Kemudian, dia mengambil sesendok minyak, mengangkat sendok tinggi-tinggi, dan mengosongkan minyak ke dalam pelindung melalui lubang di koin.

Bahkan tidak ada setetes minyak di luar lubang koin setelah pedagang tersebut mengosongkan semua minyak. Orang tua itu berkata kepada Chen Yaozi, “Saya juga tidak punya rahasia untuk mengosongkan minyak, hanya karena saya terampil.”

Setelah melihat hal tersebut, Chen Yaozi merasa sangat malu. Sejak saat itu, dia tidak pernah merasa puas lagi dan berlatih memanah dengan rendah hati.

Asal Idiom Tiongkok 熟能生巧

Cerita ini berasal dari Record of Country Life (Hanzi: 归田录·卖油翁, Pinyin: Guītián lù·mài yóu wēng) yang ditulis oleh Ouyang Xiu (Hanzi: 欧阳修, Pinyin: ōuyángxiū) .

Arti Idiom 熟能生巧

Orang-orang telah menurunkan pepatah ini.

Pepatah berarti tidak peduli apa yang kamu lakukan, kamu akan menemukan banyak keahlian selama berlatih keras dan menguasai aturannya.

Pemahaman Idiom 熟能生巧

Keterampilan memanah Chen Yaozi dan kemampuan penjual minyak menuangkan minyak tanpa menetes semuanya berasal dari latihan yang kemudian menjadi sempurna.

Baik itu tembakan dan tembakan Chen Yaozi, atau penjual minyak yang menuangkan minyak tanpa menetes, semuanya berasal dari kerja keras dan latihan berulang mereka.

Semua orang sukses yang berprestasi di segala bidang, meskipun prestasinya berbeda-beda, semuanya memiliki satu ciri yang sama, yaitu antusiasme, fokus, dan ketekunan.

Karena semangat, kita dapat membangkitkan motivasi dan energi yang kuat.

Karena konsentrasi, kita dapat mengabdikan diri dengan sepenuh hati dan bergerak maju tanpa gangguan.

Karena ketekunan, kita dapat mengembangkan keterampilan kita.

Keterampilan apa pun yang ingin dikembangkan, selama mau bekerja keras, belajar keras, dan berlatih berulang kali, tentunya akan dapat menemukan banyak trik dan melakukannya dengan mudah.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − six =