Tips Sehat Menyantap Jiaozi

Spread the love

Tips Sehat Menyantap Jiaozi

Jiaozi tidak hanya menjadi makanan lezat di Tiongkok, tetapi juga mengandung budaya bangsa Tiongkok, menjadi makanan ringan yang enak di setiap rumah tangga, dan menjadi makanan wajib di malam tahun baru, mengungkapkan kerinduan dan tuntutan masyarakat akan hidup yang lebih baik.

Namun dalam menyantap jiaozi, perlu dipertimbangkan beberapa hal berikut agar tubuh tetap sehat.

Masukkan lebih sedikit lemak dan tambahkan lebih banyak sayuran.

Menurut prinsip keseimbangan asam-basa makanan, daging bersifat asam.

Begitu pula dengan telur, dan tepung putih yang bersifat asam, pembuatan Jiaozi harus diimbangi dengan bahan baku nabati bersifat basa.

Yang terbaik adalah mencocokkan satu porsi daging dengan tiga porsi bahan baku nabati yang tidak diperas.

Daging yang digunakan adalah 90% daging tanpa lemak, tidak menambahkan minyak hewani dan minyak nabati, serta menambah jumlah sayuran, sehingga dapat mengurangi asupan lemak jenuh dan kalori serta mencapai keseimbangan nutrisi yang sebenarnya.

Jamur dan alga lebih baik untuk isian.

Isian daging harus dicocokkan dengan sayuran yang kaya serat makanan dan mineral sebanyak mungkin, dan pada saat yang sama menambahkan beberapa makanan kaya serat larut, seperti aneka jamur dan rumput laut.

Mereka dapat meningkatkan rasa, membantu mengurangi penyerapan kolesterol dan lemak, dan mengontrol kenaikan lipid darah setelah makan daging cincang.

Rebung, sayuran kering, dll juga memiliki efek menyerap lemak.

Aneka produk kedelai dan ikan juga bisa diisi untuk menggantikan bagian daging yang bermanfaat untuk mengurangi kandungan lemaknya.

Bisa juga disajikan dengan aneka lalapan dingin yang menyegarkan saat menyantap Jiaozi.

Jiaozi vegetarian memiliki nutrisi yang sehat.

Jiaozi dengan isian vegetarian, telur dan sayuran sebagai bahan baku utama lebih sehat, lemaknya berasal dari minyak nabati, dan proporsi sayurannya relatif besar.

Karena telur mengandung lebih banyak fosfor, isian seperti ini sebaiknya dipadukan dengan sayuran berdaun hijau yang kaya akan kalsium, kalium, dan magnesium, serta bahan mentah seperti kulit udang dan rumput laut untuk meningkatkan keseimbangan asam-basa.

Namun, bahan pati murni seperti bihun memiliki nilai gizi yang rendah dan sebaiknya tidak digunakan sebagai bahan baku utama isian.

Umumnya, Jiaozi dengan lebih banyak sayuran dan lebih sedikit daging memiliki kadar air yang tinggi.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − nine =