Tujuh Emosi dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok

Spread the love

Emosi dianggap sebagai penyebab internal utama penyakit dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok. Aktivitas emosional dipandang sebagai respons fisiologis internal yang normal terhadap rangsangan dari lingkungan eksternal.

Dalam batas normal, emosi tidak menimbulkan penyakit atau kelemahan pada tubuh.

Namun, ketika emosi menjadi begitu kuat sehingga menjadi tidak terkendali dan menguasai atau merasuki seseorang, maka emosi tersebut dapat menyebabkan cedera serius pada organ dalam dan membuka pintu penyakit. Bukan intensitasnya, tetapi durasi yang berkepanjangan atau emosi yang ekstrem, yang menyebabkan kerusakan. Sementara dokter Barat cenderung menekankan aspek psikologis penyakit psikosomatis, kerusakan patologis pada organ dalam memang sangat nyata dan menjadi perhatian utama praktisi Pengobatan Tradisional Tiongkok.

Aktivitas emosional yang berlebihan menyebabkan ketidakseimbangan energi yin yang yang parah, penyimpangan atau kelainan dalam aliran darah, penyumbatan Qi (energi vital) di meridian, dan gangguan fungsi organ vital.

Setelah kerusakan fisik dimulai, tidak cukup untuk menghilangkan emosi yang menyinggung untuk mempengaruhi penyembuhan. Tekanan emosional yang berkepanjangan akan membutuhkan tindakan fisik juga. Emosi mewakili reaksi manusia yang berbeda terhadap rangsangan tertentu dan tidak menyebabkan penyakit dalam kondisi normal.

Tujuh Emosi dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok

Ketujuh emosi (Hanzi: 七情, Pinyin: qī qíng) tersebut adalah kebahagiaan, kemarahan, kekhawatiran, pemikiran, kesedihan, ketakutan, dan keterkejutan.

Tujuh Emosi dan Hubungannya dengan Lima Organ Zang

Kesejahteraan mental akan mempengaruhi fisiologi, sementara tujuh emosi akan mempengaruhi fungsi normal organ zang.

Kebahagiaan merusak jantung
Tujuh Emosi dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok
Emosi kebahagiaan (Hanzi: 喜, Pinyin: xǐ) dapat mengendurkan Qi (energi vital).
Kebahagiaan merupakan emosi yang dikeluarkan oleh organ jantung.

Dalam keadaan biasa, kebahagiaan dapat mengendurkan ketegangan, melancarkan peredaran Qi (energi vital) dan darah. Namun rasa kebahagiaan yang berlebihan dapat mengakibatkan buyarnya Qi dari jantung, yang diserta hilangnya semangat dan perhatian.

Bahkan, pada kasus tertentu akan menyebabkan Qi dari jantung tidak dapat berkumpul kembali sehingga menimbulkan palpitasi, tidak dapat tidur/insomnia, atau bahkan menyebabkan kelainan jiwa.

Pada kasus tertentu, kebahagiaan yang datang mendadak dan melampaui batas/berlebihan dapat menyebabkan kematian mendadak.

Kemarahan merusak hati
Tujuh Emosi dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok
Kemarahan (Hanzi: 怒, Pinyin: nù) mencakup berbagai emosi yang terkait termasuk kebencian, lekas marah, dan frustrasi.

Kelebihan darah membuat seseorang rentan terhadap kemarahan. Kemarahan akan mempengaruhi hati.

Hal ini dapat menyebabkan energi hati naik ke kepala, mengakibatkan sakit kepala, pusing, dan gejala lainnya. Dalam jangka panjang dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi dan dapat menyebabkan masalah pada lambung dan limpa.

Kekhawatiran merusak paru-paru
Tujuh Emosi dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok
Kekhawatiran (Hanzi: 忧, Pinyin: yōu) yang berlebihan akan melukai paru-paru. Ketika seseorang merasa khawatir/cemas, Qi (energi vital) terhambat dan tidak bergerak.

Gejala umum kekhawatiran ekstrim adalah retensi napas, pernapasan dangkal, dan tidak teratur. Sesak napas yang dialami selama periode kekhawatiran adalah hal biasa bagi semua orang. Kekhawatiran juga melukai organ paru-paru dan usus besar.

Pemikiran merusak limpa
Tujuh Emosi dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok
Pemikiran (Hanzi: 思, Pinyin: sī) dianggap hasil dari berpikir terlalu banyak. Setiap aktivitas yang melibatkan banyak upaya mental akan beresiko menyebabkan ketidakharmonisan.

Apabiala terjadi secara terus-menerus dan sentimentil akan menyebabkan depresi dan kehilangan nafsu makan sehingga merusak Qi di limpa. Selanjutnya, akan menyebabkan kekhawatiran dan mengakibatkan kelelahan, lesu, dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.

Kesedihan merusak jantung dan paru-paru
Tujuh Emosi dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok
Kesedihan (Hanzi: 悲, Pinyin: bēi) adalah ungkapan rasa sedih dan pikiran yang terganggu. Kesedihan yang melampaui batas mengakibatkan depresi dan hilangnya semangat.

Gejala dan tanda yang yang timbul antara lain adalah napas pendek, batuk kering, dada terasa penuh atau seperti tertekan.

Sedih juga dapat melemahkan daya tahan tubuh, menyebabkan tubuh mudah terserang patogen luar, misalnya patogen angin, panas, dan dingin. Terlalu sering bersedih, akan melukai jantung dan paru-paru.

Ketakutan merusak ginjal
Tujuh Emosi dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok
Ketakutan (Hanzi: 恐, Pinyin: kǒng) adalah ungkapan ekstrim dari kegugupan.

Rasa takut timbul yang berlebihan menyebabkan ginjal tidak dapat mengendalikan buang air besar dan buang air kecil sehingga terjadi poliuria/kondisi sering buang air kecil, inkontinensia/tidak dapat menahan buang air kecil, atau buang air besar yang tidak terkendalikan.

Keterkejutan merusak jantung dan ginjal
Tujuh Emosi dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok
Keterkejutan (Hanzi: 惊, Pinyin: jīng) adalah emosi yang tidak secara khusus berhubungan dengan hanya satu organ.

Emosi ini merupakan rasa gugup dan takut yang datang karena suatu peristiwa mendadak. Jantung akan berdebar lebih cepat, membawa beban pada jantung pada tahap awal. Tetapi jika berlangsung selama beberapa waktu, akan pindah ke ginjal.

Gejala dan tanda yang timbul antara lain ialah penderita merasa bingung, tidak tenang, bahkan pada keadaan yang parah dapat menyebabkan kelainan jiwa.

Mengatasi Satu Emosi Eengan Emosi Lain

Jika pengobatan jantung membutuhkan obat jantung, obat tidak bisa menyembuhkan penyakit emosi. Hanya dengan menyesuaikan emosi, pengobatan terbaik dapt dicapai.

Tujuh emosi saling mendukung dan menghambat satu sama lainnya. Satu jenis emosi akan membawa pada emosi lain. Terlalu sering berpikir/murung dan khawatir/cemas, pembawaan akan menjadi menderita dan pesimis. Hal ini akan menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan.

Metode untuk mengatasi satu emosi dengan emosi lainnya meliputi pengekangan satu emosi dengan emosi lain

Kesedihan mengatasi kemarahan
Kesedihan akan membuyarkan rasa marah. Ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh kemarahan.

Kemarahan mengatasi pemikiran
Orang yang selalu berpikir dan pemurung bisa dibangkitkan kemarahannya untuk melepaskan ketegangan.

Pemikiran mengatasi ketakutan
Pemikiran meningkatkan rasionalitas. Dengan demikian, ketakutan irasional bisa diatasi dengan pemikiran.

Kemarahan mengatasi kebahagiaan
Menakuti pasien yang bahagia berlebihan bisa menenangkannya.

Kebahagiaan mengatasi kesedihan
Perhatikan pasien dan penuhi kebutuhannya sehingga ia merasa bahagia. Ini akan mengendalikan kesedihan yang dirasakannya.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × four =