Manfaat Teh Bunga Krisan Bagi Kesehatan Tubuh

Spread the love

Manfaat Teh Bunga Krisan Bagi Kesehatan Tubuh

Bunga krisan (Hanzi: 菊花, Pinyin: júhuā) adalah bunga dengan banyak kelopak yang ditemukan di seluruh dunia.

Bunga yang berasal dari Asia Timur ini, memiliki aneka warna, dari kuning pucat hingga merah cerah, dengan beberapa varietas ungu dan putih.

Digambarkan selama berabad-abad dalam seni, mereka tidak hanya cantik untuk dilihat. Bunga krisan juga dapat dimakan dan telah digunakan untuk tujuan pengobatan selama ribuan tahun.

Manfaat Teh Bunga Krisan Bagi Kesehatan Tubuh

Teh yang diseduh dari bunga kering memiliki rona emas dan rasa bunga yang ringan mirip dengan chamomile, berguna untuk mengurangi panas dan peradangan. Daun dan tangkai bunga juga bisa direbus (dicelupkan sebentar ke dalam air mendidih) atau dimakan mentah dalam salad.

Penelitian menemukan bahwa bahan kimia yang diekstrak dari bunga krisan dapat membantu mengurangi peradangan.

Senyawa kimia dalam bunga juga dapat membantu mencegah pengeroposan tulang dan mengobati osteoporosis.

Minyak esensial bunga krisan juga mungkin memiliki efek antimikroba dan antivirus.

Bunga krisan telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan Tiongkok, dengan orang-orang membiakkan lebih dari 3.000 jenis bunga krisan.

Menurut penelitian, bunga krisan secara tradisional dikenal untuk “membersihkan panas dan racun” dan “menyebarkan dingin.”

Pengobatan Tiongkok telah menggunakannya untuk mengobati banyak kondisi, termasuk sakit mata, sakit kepala, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan sakit tenggorokan.

Bunga krisan memberikan energi yang agak dingin, memiliki afinitas khusus untuk saluran energi yang mengarah ke paru-paru, hati, limpa, dan ginjal.

Teh bunga krisan banyak direkomendasikan untuk mengurangi gejala demam dan pilek pada tahap awal.

Namun, sebagian orang mungkin mengalami reaksi negatif terhadap bunga krisan, seperti iritasi kulit, ruam atau masalah perut.

Hindari minum teh bunga krisan selama kehamilan sebagaimana kebanyakan teh herbal dilarang untuk wanita hamil.

Jika sedang mengkonsumsi obat tertentu, pastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari kemungkinan munculnya efek samping.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + 20 =