Inilah 10 Manfaat Kesehatan Teh Oolong (乌龙茶)

Spread the love

Inilah 10 Manfaat Kesehatan Teh Oolong (乌龙茶)

Teh Oolong (Hanzi: 乌龙茶, Pinyin: Wūlóngchá) adalah salah satu teh semi fermentasi yang terkenal, mengandung banyak zat bermanfaat seperti Fluorida, Mangan, Kalium, Natrium, Magnesium, Niasin dan Kafein yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Apa saja manfaat teh oolong?

1. Turunkan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian, manfaat penurunan berat badan teh oolong disebabkan oleh unsur khusus, Tannin, yang berperan penting dalam metabolisme lemak.

Jadi, jika kamu membiasakan minum satu cangkir teh oolong setiap hari, akan ada lebih banyak lemak yang bisa dibakar.

Minum 2~3 cangkir teh oolong dapat mengurangi berat badan berlebih dan membuat kamu terlihat lebih ramping.

2. Mengurangi Kolesterol

Penelitian terbaru telah membuktikan bahwa orang yang hidup dengan teh oolong menderita lebih sedikit kerusakan akibat kolesterol daripada orang yang tidak tertarik untuk meminumnya.

Polifenol dalam teh oolong adalah sejenis lipase khusus, yang dapat melarutkan lipid.

Dalam kebanyakan kasus, akumulasi ekstra lipid di dalam tubuh akan menghasilkan kolesterol tinggi.

3. Membantu Pencernaan Dan Menghilangkan Maag

Penelitian resmi mengatakan bahwa teh oolong dapat menurunkan tingkat keasaman lambung dan meningkatkan pencernaan.

Teh oolong bisa menjadi pengganti obat anti inflamasi dan membantu pencernaan serta meredakan maag.

Jika kamu menderita sakit perut, regurgitasi asam lambung, bahkan lebih parah, maag, kamu dapat memilih untuk minum teh oolong dalam kehidupan sehari-hari.

4. Membuat Otak Selalu Fresh

Manfaat teh oolong ini berasal dari kafein.

Seperti yang yang diketahui bersama bahwa kafein dapat merangsang sistem saraf pusat sehingga otak dapat menjadi lebih aktif dan juga dapat memperoleh ingatan yang lebih baik.

Minum berlebihan akan menyebabkan sulit tidur, jadi sebaiknya hindari minum terlalu banyak sebelum tidur.

5. Anti Aging

Teh oolong dapat mempertahankan Vitamin C dalam tubuh, yang dapat membantu melawan penuaan, sehingga manfaat teh oolong juga termasuk membuat terlihat lebih muda.

6. Memperbaiki Kulit

Unsur mikro dalam teh oolong seperti magnesium, selenium, fosfor sangat membantu dalam memperbaiki kondisi kulit.

Manfaat kesehatan teh oolong ini adalah teh oolong dapat melawan radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan dan karenanya mengurangi risiko alergi kulit.

Sesuai dengan percobaan ilmiah, pasien dengan masalah kulit bisa mendapatkan manfaat dari minum setidaknya 3 cangkir teh oolong sehari.

Hasil yang menguntungkan dapat dilihat dalam waktu kurang dari seminggu.

7. Seimbangkan Gula Darah

Karena tingginya tingkat polifenol dan berbagai jenis zat mineral, teh oolong adalah pilihan yang baik untuk orang yang didiagnosis dengan diabetes mellitus tipe 2.

Ini dapat membantu dalam mengatur kadar gula darah dalam insulin dan dalam aliran darah dan menghilangkan penurunan berbahaya dari gula darah.

Studi terbaru menunjukkan bahwa teh oolong dapat digunakan untuk mengurangi gejala diabetes dan menurunkan risiko terkena diabetes.

8. Gigi Bersih

Sebagai salah satu manfaat teh oolong, teh oolong dapat meningkatkan kebersihan mulut dengan cara mencegah kerusakan gigi dan membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sebuah studi menyampaikan bahwa teh oolong mengandung lebih banyak protein antijamur daripada teh lainnya.

Kesimpulan ini pertama kali ditemukan oleh para ilmuwan di laboratorium dan kemudian dikonfirmasi oleh eksperimen manusia.

Jika kamu dapat minum teh oolong setiap hari, kamu dapat memperoleh sistem kekebalan yang lebih kuat dan meningkatkan kemampuan kekebalan tubuh untuk melawan penyakit menular.

10. Mencegah Kanker

Menurut sejumlah besar penelitian yang dilakukan di berbagai laboratorium di seluruh dunia, orang yang minum teh oolong memiliki risiko lebih rendah terkena kanker daripada orang yang menyukai jenis minuman lain.

Manfaat teh oolong ini disebabkan oleh polifenol, bahan kimia di dalamnya, yang dapat digunakan sebagai profilaksis kimia atau pembunuh untuk menghilangkan sel kanker di dalam tubuh.

Inilah 10 manfaat kesehatan teh oolong bagi tubuh.

Semoga bermanfaat.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =