Manfaat Hawthorn – 山楂 – Shan Zha Untuk Kesehatan

Spread the love

Manfaat Hawthorn - 山楂 -  Shan Zha Untuk Kesehatan

Hawthorn, buah yang berbentuk bulat kecil ini menawarkan banyak manfaat kesehatan yang dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam keseharian hidup.
Berikut adalah manfaat kesehatan hawthorn

1.Kaya akan antioksidan

Hawthorn merupakan salah satu sumber pangan yang kaya polifenol, berupa senyawa antioksidan kuat. Antioksidan membantu menetralisir molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh ketika mereka hadir pada tingkat tinggi.

Polifenol dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan karena aktivitas antioksidannya.

2. Mengobati tekanan darah tinggi

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, hawthorn adalah salah satu makanan yang paling sering direkomendasikan untuk membantu mengobati tekanan darah tinggi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah hawthorn dapat mengurangi tekanan darah dengan membantu melebarkan pembuluh darah.

3. Membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida

Penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa mengambil ekstrak hawthorn dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

4. Mengobati gangguan pencernaan

Orang telah menggunakan buah dan ekstrak hawthorn selama berabad-abad untuk mengobati masalah pencernaan, terutama gangguan pencernaan dan sakit perut.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah beri mengandung serat, yang telah terbukti membantu pencernaan dengan mengurangi sembelit dan bertindak sebagai prebiotik. Prebiotik adalah makanan yang memberi nutrisi dan meningkatkan bakteri usus yang sehat, yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

6. Memiliki sifat anti-penuaan

Hawthorn dapat membantu mencegah penuaan kulit dini yang disebabkan oleh degradasi kolagen akibat paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet yang berlebihan.

Satu penelitian menemukan bahwa campuran ekstrak hawthorn dan ginseng dapat mencegah tanda-tanda penuaan dengan menghambat pembentukan kerutan dan meningkatkan kelembapan kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa efek ini mungkin karena kandungan antioksidan hawthorn.

7. Dapat mengurangi kecemasan

Para ilmuwan telah menyelidiki hawthorn sebagai terapi baru yang potensial untuk gangguan kecemasan.

Hawthorn tampaknya memiliki sedikit efek samping dibandingkan dengan obat anti-kecemasan tradisional. Itulah salah satu alasan para ilmuwan terus menelitinya sebagai pengobatan potensial untuk gangguan sistem saraf pusat seperti kecemasan dan depresi.

8. Digunakan untuk mengobati gagal jantung

Hawthorn terkenal karena penggunaannya dalam konteks tradisional dalam mengobati gagal jantung, di samping obat tradisional lainnya. Gagal jantung adalah suatu kondisi di mana jantung tidak dapat memompa darah dengan baik.

Nah, itu semua adalah informasi tentang manfaat hawthorn untuk kesehatan.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =