Mengenal Lebih Dekat Tentang Hawthorn (山楂 shan zha)

Spread the love

Siapa sih yang tak kenal cemilan yang satu ini?

Mengenal Lebih Dekat Tentang Hawthorn (山楂 shan zha)
Shanzhabing-山楂饼

Shanzhabing (Hanzi: 山楂饼, Pinyin: Shānzhā bǐng), terbuat dari bahan utama hawthorn berkualitas tinggi, dan dimurnikan melalui berbagai proses seperti pemilihan bahan, pembersihan, pengukusan, pemukulan, pembentukan, pengeringan, dan pengemasan.

Shanzhabing dipercaya sebagai jajanan masa kecil bagi banyak orang. Dulu, orang tua tidak sering memberikan permen kepada anaknya, namun mereka menganggap shanzabing dapat menambah nafsu makan, sehingga mereka sering memakannya.

Terkadang saat Anda memakannya, mengingatkan Anda pada beberapa kenangan indah.

Lalu apa sih hawthorn bahan utama dari shanzhabing ini?

Mengenal Lebih Dekat Tentang Hawthorn (山楂 shan zha)
Shanzha-山楂

Hawthorn adalah semak daun atau pohon kecil yang tumbuh hingga 6 meter. Biasanya memiliki struktur yang terbuat dari kumpulan cabang berduri yang kusut. Daunnya menyerupai daun peterseli dan dipotong menjadi tiga bagian. Bunganya kecil, putih, dengan lima kelopak dan bau almond. Buahnya kecil dan berwarna merah.
Hawthorn dalam bahasa Tionghoa disebut Shanzha (Hanzi: 山楂, Pinyin: Shānzhā), memiliki nama latin Crataegus pinnatifida.

Penggunaan kuliner

Dalam masakan Tiongkok utara, buah hawthorn matang digunakan dalam makanan penutup yakni tanghulu (Hanzi: 糖葫芦, Pinyin: táng hú lú).

Mengenal Lebih Dekat Tentang Hawthorn (山楂 shan zha)
Tanghulu-糖葫芦

Juga dibuat shanzhagao (Hanzi: 山楂糕, Pinyin: shān zhā gāo).

Mengenal Lebih Dekat Tentang Hawthorn (山楂 shan zha)
Shanzhagao-山楂糕

Ini juga digunakan untuk membuat permen tradisional haw flakes ((Hanzi: 山楂饼, Pinyin: Shānzhā bǐng) seperti yang tadi telah disebutkan di atas dan haw rolls (Hanzi: 山楂卷, Pinyin: Shānzhā juǎn).

Mengenal Lebih Dekat Tentang Hawthorn (山楂 shan zha)
Shanzhajuan-山楂卷-hawrolls

Serta manisan irisan buah, selai, jeli, dan anggur.

Hal ini juga secara tradisional digunakan sebagai bahan finishing dalam saus manis dan asam Kanton, meskipun sebagian telah digantikan oleh saus tomat.

Obat tradisional

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, buah kering hawthorn telah digunakan sebagai bantuan pencernaan.

Hawthorn adalah buah-buahan kecil yang tumbuh di pohon dan semak-semak milik genus Crataegus.

Buah beri yang kaya nutrisi ini memiliki rasa asam, tajam, dan rasa manis yang ringan. Mereka berkisar dalam warna dari kuning ke merah tua.

Selama ratusan tahun, orang telah menggunakan hawthorn sebagai obat herbal untuk masalah pencernaan, masalah jantung, dan tekanan darah tinggi.

Hawthorn telah menjadi bagian penting dari pengobatan tradisional Tiongkok setidaknya sejak 659 M.

Aneka cara mengkonsumsi hawthorn

Anda dapat menambahkan hawthorn ke dalam makanan Anda dengan banyak cara.

Hawthorn mentah memiliki rasa asam, sedikit manis dan bisa menjadi camilan saat bepergian. Tapi cobalah untuk tidak memakan bijinya. Seperti biji apel, mereka mengandung racun sianida.

Hawthorn bisa dijadikan teh. Anda dapat membeli teh hawthorn yang sudah jadi atau membuatnya sendiri menggunakan buah hawthorn kering, bunga, dan daunnya.

Selain itu, juga bisa dijadikan selai dan makanan penutup.

Anggur dan cuka juga bisa dibuat dari hawthorn. Hawthorn dapat difermentasi menjadi minuman beralkohol yang lezat atau cuka beraroma yang dapat Anda gunakan untuk membuat saus salad.

Kandungan nutrisi dalam hawthorn

Hawthorn dapat mencegah dan mengobati penyakit kardiovaskular, dan memiliki fungsi melebarkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah koroner, meningkatkan vitalitas jantung, merangsang sistem saraf pusat, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, melembutkan pembuluh darah, diuretik dan obat penenang.

Asam maslinat dalam hawthorn juga memiliki efek kardiotonik dan juga bermanfaat.

Hawthorn dapat membangkitkan selera dan mencerna makanan, terutama untuk menghilangkan stagnasi daging. Hawthorn digunakan dalam banyak obat pencernaan.

Hawthorn mengandung ramuan yang meredakan asma dan mengatasi dahak, menghambat bakteri, serta mengobati sakit perut dan diare.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengkonsumsi hawthorn

Tidak bisa dimakan saat perut kosong
Mengandung sejumlah besar asam organik, asam buah, asam maslinat, asam sitrat, dll. Makan dengan perut kosong akan menyebabkan lonjakan asam lambung, menyebabkan rangsangan yang merugikan pada mukosa lambung, membuat perut penuh dan asam pantotenat, dan memakannya dengan perut kosong akan meningkatkan rasa lapar, dan memperburuk sakit perut yang asli.

Makan lebih sedikit hawthorn mentah
Asam tanat yang terkandung dalam hawthorn mentah bergabung dengan asam lambung untuk dengan mudah membentuk gastrolit, yang sulit dicerna. Jika batu lambung tidak dapat dicerna dalam waktu lama akan menyebabkan tukak lambung, perdarahan lambung bahkan perforasi lambung. Karena itu, Anda harus mencoba makan hawthorn mentah sesedikit mungkin, terutama mereka yang memiliki fungsi pencernaan lemah harus lebih berhati-hati. Dokter menyarankan bahwa yang terbaik adalah makan hawthorn setelah dimasak.

Aneka Resep Makanan Minuman Dari Hawthorn

Air Gula Merah Hawthorn

Bahan:
120 gram hawthorn segar
50 gram gula merah.

Cara membuat:
Pertama, cuci dan tumbuk hawthorn segar, lalu masukkan ke dalam panci dengan gula merah, tambahkan 500 ml air, dan masak selama 30 menit dengan api sedang. Setelah itu dikonsumsi setelah makan.

Catatan:
Penderita tukak lambung, hyperacidity atau diabetes sebaiknya tidak minum air gula ini.

Bubur Hawthorn Dan Wolfberry

Bahan:
30 gram hawthorn
15 gram wolfberry
50 gram beras.

Cara membuat:
Cuci hawthorn, wolfberry, dan beras, masukkan ke dalam panci bersama, tambahkan air secukupnya, pertama rebus dengan api besar, lalu rebus menjadi bubur dengan api kecil, dan siap dimakan.

Catatan:
Orang dengan penyakit maag dan hyperacidity tidak boleh makan bubur ini, begitu pula pasien dengan hipotensi.

Bubur Hawthorn Salvia

Bahan:
30 gram hawthorn
30 gram Salvia miltiorrhiza
100 gram beras
gula batu secukupnya.

Cara membuat:
Cuci irisan salvia, irisan hawthorn, dan nasi. Kemudian masukkan salvia dan hawthorn ke dalam panci, tambahkan air secukupnya untuk direbus untuk mendapatkan ramuannya. Setelah itu, buang ampasnya dan tambahkan nasi untuk membuat bubur. Setelah bubur siap, tambahkan sedikit gula batu.

Catatan:
Orang dengan penyakit maag dan hyperacidity tidak boleh makan bubur ini. Bubur ini asam dan tidak boleh dimakan dengan perut kosong.

Catatan

Ibu hamil dianjurkan tidak mengkonsmsi hawthorn, karena hawthorn dapat merangsang kontraksi rahim dan dapat menyebabkan keguguran.

Hawthorn memiliki efek menurunkan lipid darah. Bagi penderita hipolipidemia, makan lebih banyak hawthorn akan mempengaruhi kesehatannya.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 15 =