Arti Pepatah Tiongkok 一心不可二用 (yīxīn bù kě èr yòng)

Arti Pepatah Tiongkok 一心不可二用 (yīxīn bù kě èr yòng)

一心不可二用
Yīxīn bù kě èr yòng

Satu pikiran tidak dapat digunakan dua kali, tetapi satu pikiran dapat digunakan lebih banyak.

Penjelasan:

Dalam melakukan suatu kegiatan yang tidak familiar atau baru, perlu lebih banyak perhatian, sedangkan untuk kegiatan familiar yang sudah biasa dan dilakukan pada saat bersamaan tidak perlu terlalu memperhatikan.

Misalnya, terkadang saat sedang berjalan, berbicara dengan orang lain, melihat pemandangan sekitar, bahkan memikirkan masalah. Berjalan menjadi tindakan tanpa berpikir. Tentu saja, tidak perlu fokus pada wajah, hanya sedikit perhatian. Ketika orang lain berbicara atau mendiskusikan masalah, mereka menjadi fokus utama mereka, dan secara alami sebagian besar perhatian mereka terfokus pada kegiatan ini.

Untuk anak yang sedang belajar berjalan, walaupun ingin melihat pemandangan sekitar saat belajar berjalan, perhatiannya perlu dipusatkan sepenuhnya pada “melangkah”, dan harus menjaga keseimbangan tubuhnya saat berjalan, sehingga tidak jatuh.

Dalam kehidupan sehari-hari berbagai aktivitas dalam waktu bersamaan sering dilakukan, perhatian harus terdistribusi dengan baik, ringan dan berat. Semakin banyak aktivitas yang sudah terbiasa tentu saja tidak membutuhkan perhatian yang tinggi, dan semakin banyak aktivitas yang baru dan tidak familiar, harus memusatkan perhatian. Tidak mungkin untuk fokus pada beberapa kegiatan yang tidak terbiasa pada saat yang bersamaan.

Spread the love