Luo Han Guo (罗汉果) Sebagai Pengganti Gula dan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Luo Han Guo (罗汉果) Sebagai Pengganti Gula dan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Luo han guo (Hanzi: 罗汉果, Pinyin: Luóhànguǒ) merupakan salah satu obat tradisional yang telah digunakan oleh rakyat Tiongkok secara turun temurun. Luo han guo atau bisa juga disebut monk fruit (神仙果) mendapatkan namanya dari kepercayaan biksu Buddha yang merupakan orang-orang yang pertama kali memanfaatkan buah ini.

Buah biksu, atau luo han guo, merupakan buah berbentuk melon hijau kecil yang berasal dari Tiongkok Selatan. Buah ini telah terkenal dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok (TCM) selama beberapa dekade.

Luo han kuo termasuk tumbuhan merambat berdiameter 3-5 cm dengan kulit buah berwarna hijau. Namun, pada saat buah tersebut sudah masak kulit buah ini akan berubah warna menjadi kecoklatan dengan rasa yang sangat manis. Buah ini memiliki beberapa nama sebutan lainnya. Lo han gou, Lor Hon Gor, Ge Si Wei Ruo Guo, Ra Kan Ka. Selain itu bisa disebut sebagai buah arhat, buah Momordica, Momordicae Grosvenori Fructus, buah panjang umur, dan buah ajaib.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Luo han guo yang masak atau yang berubah warna menjadi kecoklatan memiliki rasa yang manis. Rasa manis tersebut muncul dari kandungan Triterpenoid Glycosides yang menyebabkan buah ini memiliki rasa manis yang alami. Rasa manisnya 150-250 kali lebih manis daripada gula pasir, tetapi punya nol kalori dan karbohidrat, serta tidak meningkatkan kadar glukosa darah. Dengan rasa manis alami tersebut, membuat buah ini sering dijadikan sebagai campuran bahan makanan dan minuman. Dapat diolah dengan cara direbus atau diseduh menjadi teh herbal ataupun sebagai bahan pembuat sup dan semur.

Beberapa kandungan kimia yang dimiliki oleh buah ini sudah terbukti fungsinya dalam melawan bakteri jahat dalam tubuh serta mendorong aktivitas dari sel anti tumor pada paru-paru dan hati.

Luo han guo mengandung vitamin C, salah satu nutrisi yang sangat penting bagi imunitas tubuh. Vitamin C juga berperan penting dalam produksi kolagen yang dibutuhkan tubuh untuk menciptakan sel, jaringan otot, serta pembuluh darah.

Manfaat lain dari luo han guo adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan dan antiradang dalam buah ini dapat membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh dari berbagai ancaman penyakit.

Spread the love