Kapan Kebiasaan Makan Jiaozi Saat Perayaan Tahun Baru Imlek Dimulai ?

Spread the love

Kapan Kebiasaan Makan Jiaozi Saat Perayaan Tahun Baru Imlek Dimulai ?

Menurut catatan literatur, kebiasaan makan Jiaozi saat Festival Musim Semi telah muncul paling lambat di Dinasti Ming.

Kebiasaan ini terkait dengan metode ketepatan waktu di Tiongkok kuno.

Di Tiongkok kuno, dua belas cabang duniawi digunakan untuk mencatat waktu setiap hari.

Bagilah setiap hari menjadi dua belas periode waktu, maka awal setiap hari adalah Zishi, dan Zishi setara dengan waktu dari pukul 23:00 hingga 1:00 di tengah malam hari ini, hari baru, tetapi juga pergantian tahun lama dan baru, orang Tiongkok menyebutnya “Jiaozi”.

Orang Tionghoa sangat memperhatikan batasan, terutama batasan untuk mengucapkan selamat tinggal pada yang lama dan menyambut yang baru.

Jadi pada saat ini, harus ada beberapa ritual untuk berdoa memohon keberuntungan di tahun yang akan datang.

Ada juga konotasi budaya yang kaya akan keberuntungan, itulah sebabnya kebiasaan makan Jiaozi secara bertahap terbentuk selama Festival Musim Semi pada hari pertama tahun baru.

Bagi orang Tionghoa yang menghargai kasih sayang keluarga, pada Malam Tahun Baru Imlek, salju turun tanpa suara di luar jendela, lampu di dalam rumah menghangatkan orang, dan panci mengepul.

Bungkus semua pikiran dan berkah ke dalam bungkus Jiaozi yang tipis.

Api merah mendidihkan air, dan semakin direbus, semakin enak rasanya, bersama petasan untuk mengucapkan selamat tinggal pada yang lama dan menyambut yang baru, Jiaozi disajikan, dan harapan baik untuk tahun yang akan datang juga terpenuhi .

Di awal hari pertama bulan pertama kalender lunar, makan JIaozi berarti Zaman Baru dan Persahabatan/Geng Sui Jiao Zi (Hanzi: 更岁交子,Pinyin: Gèng suì jiāo zi).

子 berarti waktu awal /子时 dan 交 memiliki pengucapan yang sama dengan 饺, yang berarti reuni meriah dan keberuntungan.

Ada kebiasaan di Tiongkok utara bahwa selama festival, saat menyambut kerabat dan teman, mereka selalu membuat JIaozi untuk dimakan.

Apalagi di hari pertama tahun baru, seluruh keluarga duduk bersama, mengobrol sambil membuat Jiaozi, membicarakan segala hal, dari waktu ke waktu, mengundang tawa, yang sangat menyenangkan.

Semua orang suka makan Jiaozi, dan pangsit Tiongkok ini sangat enak disantap saat makan malam Tahun Baru Imlek.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + nineteen =