Kertas Xuan 宣纸, Kertas Berumur Ribuan Tahun

Spread the love

Tionghoa Org - Kertas Xuan 宣纸, Kertas Berumur Ribuan Tahun - 2

Kertas Xuan (Hanzi: 宣纸 ; pinyin: xuān zhǐ), juga dikenal sebagai kertas Jingxian, awalnya diproduksi di Kabupaten Jing, Xuancheng, Provinsi Anhui.

Kertas Xuan adalah kertas seni bermutu tinggi yang terutama digunakan untuk kaligrafi dan lukisan Tiongkok.

Kertas Xuan memiliki retensi tinta yang baik, daya tahan, ketahanan terhadap serangga, dan merupakan jenis kertas Tiongkok yang representatif.

Kertas Xuan sudah ada dari dinasti Tang dan telah diwariskan dari generasi ke generasi, karena mudah diawetkan, tidak rapuh, dan tidak akan pudar dalam waktu lama, kertas ini memiliki reputasi “kertas berumur panjang selama seribu tahun”.

Kertas Xuan juga dijuluki “harta berharga negara” dan “kertas ribuan tahun”.

Kualitas

Kertas Xuan memiliki sifat pelembab tinta yang baik, daya tahan yang kuat dan ketahanan terhadap penuaan, dan tidak mudah berubah warna.

Kertas Xuan lembut, kuat, dan putih, yang membuatnya cocok digunakan untuk lukisan dan kaligrafi.

Kertas Xuan tahan lama dan tahan cacing. Oleh karena itu, kertas Xuan disebut sebagai “raja segala kertas”

Kabupaten Jing

Pemilihan bahan untuk kertas Xuan terkait erat dengan geografi Kabupaten Jing, tempat pembuatan kertas tersebut.

Karena Qingtan adalah salah satu spesies pohon utama di daerah tersebut, kulit pohon Qingtan telah menjadi bahan baku utama kertas Xuan.

Kabupaten Jing terletak di tepi selatan garis lintang tengah, dan menurut klasifikasi indikator meteorologi, termasuk dalam iklim lembab muson subtropis dan subtropis utara.

Iklimnya sejuk, curah hujan melimpah, sumber daya sinar matahari berlimpah, dan empat musim, musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.

Ada lebih dari 1.000 spesies tumbuhan herbal di Kabupaten Jing, yang cocok untuk ekstraksi dan pembuatan kertas Xuan.

Proses produksi

Proses produksi kertas Xuan secara kasar dapat dibagi menjadi 18 langkah, dan jika dibagi lagi, dapat melebihi 100 langkah. Diantaranya, ada proses rahasia, yang tidak diketahui orang luar.

Cara tradisional memotong kertas Xuan adalah mengukus dahan pohon Qingtan terlebih dahulu, lalu merendamnya, lalu mengupasnya, mengeringkannya di bawah sinar matahari, menambahkan kapur dan soda abu (atau alkali rumput) dan mengukusnya lagi untuk menghilangkan kotoran.

Lalu, mencuci mereka, dan merobek mereka menjadi potongan-potongan tipis, keringkan di tempat yang cerah, yang akan memutih.

Kemudian kocok kulit olahan secara terpisah, tambahkan lem sayur dan aduk rata, membuat kertas dengan tirai bambu, sapukan hingga kering, dan potong untuk menjadi lembaran.

Alat yang digunakan dalam setiap proses produksi kertas Xuan juga sangat khusus.

Tionghoa Org - Kertas Xuan 宣纸, Kertas Berumur Ribuan Tahun - 1

Kertas Xuan memiliki kualitas yang luar biasa, memiliki ketahanan yang besar terhadap lipatan, korosi, ngengat dan jamur.

Sebagian besar buku dan lukisan Tiongkok kuno terkenal yang bertahan hingga saat ini terawetkan dengan baik berkat kertas Xuan.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + nineteen =