Lukisan Seribu Mil Sungai dan Pegunungan / Qian Li Jiang Shan Tu

Spread the love

Tionghoa Org - Lukisan Seribu Mil Sungai dan Pegunungan Qian Li Jiang Shan Tu - 1

“Seribu Mil Sungai dan Pegunungan / A Thousand Miles of Rivers and Mountains / Qian Li Jiang Shan Tu (Hanzi: 千里江山图 ; pinyin: qiān lǐ jiāng shān tú)” adalah lukisan berwarna di atas sutra yang dibuat oleh Wang Ximeng dari dinasti Song Utara, yang sekarang menjadi koleksi Museum Istana di Beijing.

Studi tersebut menunjukkan bahwa lokasi utama “Seribu Mil Sungai dan Pegunungan” adalah Gunung Lu dan Danau Poyang.

Karya ini berupa gulungan panjang, berdasarkan tradisi, dan gambar-gambarnya sangat teliti. Sungai-sungai yang luas dan pegunungan yang bergulung merupakan gambaran yang indah dari lanskap Jiangnan.

“Seribu Mil Sungai dan Pegunungan” adalah salah satu dari sepuluh lukisan terkenal di Tiongkok.

Pengantar lukisan

Tionghoa Org - Lukisan Seribu Mil Sungai dan Pegunungan Qian Li Jiang Shan Tu - 2
Sumber: Baidu

“Seribu Mil Sungai dan Pegunungan” dilukis dengan sehelai sutra utuh, tanpa stempel penulis, ada puisi yang ditulis oleh Hongli (Qianlong) dari dinasti Qing, ada catatan tambahan oleh Cai Jing dari dinasti Song di Geshui, dan prasasti oleh Li Puxian dari dinasti Yuan pada kertas terakhir.

“Seribu Mil Sungai dan Pegunungan” adalah karya representatif dengan pencapaian artistik luar biasa dalam lukisan lanskap biru dan hijau dari dinasti Song.

“Pemandangan hijau” dalam gulungan ini diwarnai dengan mineral azurit dan hijau batu, yang membuat pegunungan dan bebatuan tampak tebal dan hijau, dan gambarnya cerah dan kaya, dengan warna yang kuat dan cemerlang.

Terkadang kontur pegunungan dan bebatuan digariskan dengan lumpur emas untuk menambah efek gemerlap, yang disebut “pemandangan emas”.

Ini adalah bentuk lukisan lanskap paling awal yang disempurnakan selama dinasti Sui dan Tang saat lukisan lanskap menjadi matang dan membentuk disiplin lukisan independen.

Warisan sejarah

Tionghoa Org - Lukisan Seribu Mil Sungai dan Pegunungan Qian Li Jiang Shan Tu - 3

“Seribu Mil Sungai dan Pegunungan” dimulai pada akhir dinasti Song Utara, dan pergi ke mana-mana selama ratusan tahun.

Pada awal dinasti Qing, itu dikumpulkan di istana bagian dalam, dan ketika Puyi meninggalkan istana, dia membawa gulungan ini bersamanya.

Untuk alasan yang tidak diketahui, “Seribu Mil Sungai dan Pegunungan” pernah hilang, dan akhirnya dibeli kembali oleh Tiongkok.

Sekarang menjadi koleksi Museum Istana di Beijing.

Wang Ximeng

Wang Ximeng, pelukis istana Dinasti Song Utara. Wang Ximeng menghabiskan setengah tahun melukis jilid “Seribu Mil Sungai dan Pegunungan”. Dia berusia 18 tahun saat itu.

Dipercaya secara luas bahwa Wang Ximeng meninggal tak lama setelah menyelesaikannya, dan hanya menyisakan lukisan ini sebagai bukti keberadaannya yang singkat.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + twenty =