Tari 14 Gadis Montok, Perjamuan Malam Istana Tang

Spread the love

Tionghoa Org - Tari 14 Gadis Montok, Perjamuan Malam Istana Tang - 1

“Perjamuan Malam Istana Tang / Tang Palace Night Banquet (Hanzi: 唐宫夜宴 ; pinyin: táng gōng yè yàn)” awalnya disebut “Tang Yong 唐俑”, sebuah karya tari dari Teater Lagu dan Tari Zhengzhou, dengan koreografer: Chen Lin dan Yuan Shi.

“Perjamuan Malam Istana Tang” terpilih untuk evaluasi akhir Penghargaan Tari Klasik “Lotus Award” Tarian Tiongkok ke-12.

Penciptaan “Perjamuan Malam Istana Tang” terinspirasi oleh patung musik dan tarian dinasti Sui yang digali pada tahun 1959 dari makam Zhang Sheng di Anyang, Provinsi Henan.

Menurut Chen Lei, direktur utama Gala Festival Musim Semi Provinsi Henan 2021, selain peninggalan budaya yang dapat dipelajari, para penari tidak hanya mengenakan pakaian berbahan spons, tetapi juga menaruh kapas di mulut mereka agar terlihat montok.

“Perjamuan Malam Istana Tang” bukan hanya tentang jamuan malam, tetapi mengambil para musisi jamuan malam sebagai protagonis, menunjukkan proses gadis-gadis dinasti Tang dari persiapan, tata rias hingga pertunjukan jamuan malam.

“Perjamuan Istana Tang” yang dihadirkan dalam Gala Festival Musim Semi Henan dibuat khusus oleh grup program, ditambah dengan teknologi 5G dan AR, menggabungkan adegan virtual dan panggung nyata, menghadirkan efek visual yang lebih mengejutkan.

Pembuatan

Mengenai inspirasi penciptaan “Perjamuan Malam Istana Tang”, Chen Lin berkata:

“Saat itu kami mengunjungi banyak museum. Diantaranya adalah sekelompok patung musik dari dinasti Tang, yang meninggalkan kesan mendalam bagi saya. Saya membayangkan bentuknya, bagaimana jika mereka ‘hidup’ di museum, dan bagaimana mereka membawa kita kembali ke masa yang lebih dari seribu tahun?”

Jadi, tarian ini dimulai seperti ini: piano, genta lonceng, dan opera dimainkan secara berurutan, dan sekelompok patung tembikar yang dicat secara bertahap berubah dari peninggalan budaya yang dipamerkan dengan bingkai tetap menjadi gadis Istana Tang dengan kepribadian berbeda

Dibandingkan dengan acara tari biasa, “Perjamuan Malam Istana Tang” sangat unik dan inovatif dalam hal “gaya melukis” dan citra panggung.

Dalam kata-kata Chen Lin, “Tarian klasik kami selama bertahun-tahun sangat ‘indah’, dan para penari semuanya sangat ramping, tetapi pertunjukan ini menggambarkan dinasti Tang di mana “gemuk itu indah”.

Agar lebih dekat dengan sejarah, dan juga ingin tampil beda dari karya-karya tari klasik sebelumnya, bagaimana membuat para penari “gendut”?

Setelah berdiskusi dengan rekan-rekan yang bertanggung jawab atas desain kostum, Chen Lin dan yang lainnya mengadopsi rencana “setelan katun one-piece”, yaitu mengenakan setelan one-piece khusus dari bahu ke kaki yang pas dengan tubuh dan tidak mudah goyang di dalam. Kostum tari digunakan padding ringan untuk mengubah tubuh penari.

Namun, bagaimana membuat gadis-gadis “berwajah oval” ini menjadi “berwajah wajah bulan purnama”?

Untuk ini, mereka mencoba banyak metode pada wajahnya, dan bahkan berkonsultasi dengan penata rias untuk efek khusus film dan televisi, “Tapi (riasan efek khusus) benar-benar terlalu mahal, jadi saya harus menyerah.”

Ketika penata rias makan anggur di rumah, dan sebelum dia sempat menggigit dan menelan, dia tiba-tiba mendapat inspirasi: “Ya!” Dia pertama kali menggunakan handuk kertas untuk menggantikan anggur, dan kemudian menggunakan bola kapas yang tidak mudah dilunakkan dan diletakkan di mulutnya.

Pada akhirnya, sebelum penari “Perjamuan Malam Istana Tang” datang ke panggung, mereka menaruh bola kapas medis di mulut mereka, dari kerangka gigi atas ke kerangka gigi bawah.”

Pada akhirnya, “Perjamuan Malam Istana Tang” dipersembahkan kepada penonton dan menjadi mahakarya yang tersebar luas.

Tionghoa Org - Tari 14 Gadis Montok, Perjamuan Malam Istana Tang - 2

Sejarah

Pada 16 Oktober 2020, “Perjamuan Malam Istana Tang” terpilih untuk evaluasi akhir Penghargaan Tari Klasik “Penghargaan Teratai” Tarian Tiongkok ke-12.

Pada 10 Februari 2021, “Perjamuan Malam Istana Tang” ditampilkan dalam Pertunjukan Budaya Festival Musim Semi Zhengzhou 2021.

Pada 11 Februari 2021, “Perjamuan Malam Istana Tang” dipentaskan di Gala Festival Musim Semi Provinsi Henan 2021.

Pada 20 Februari 2021, para pemeran dan kru “Perjamuan Malam Istana Tang” berpartisipasi dalam rekaman “Program Malam Hebat Festival Lentera Museum Henan” di Museum Henan.

Pada tanggal 21 Oktober 2021, “Perjamuan Malam Istana Tang” terpilih menjadi “Pameran Repertoar Tari Unggulan Nasional ke-13”.

Pada 11 Oktober 2022, “Perjamuan Malam Istana Tang”, sebagai drama unit pertama dari drama “Our Times 我们这十年”.

Pada 17 November 2022, “Perjamuan Malam Istana Tang” diundang untuk berpartisipasi dalam Pameran Dagang dan Perlindungan Hak Cipta Animasi Film dan Televisi Internasional Tiongkok ke-13.

Evaluasi program

Terinspirasi oleh patung-patung musik tiga warna di museum, itu menyerap karakteristik pemodelan kostum patung-patung Tang, dan elemen budaya tradisional digunakan sepenuhnya dalam program tersebut.

“Perjamuan Malam Istana Tang” menceritakan kisah dinasti Tang dengan menggabungkan estetika visual orang-orang kontemporer.

Gaya tariannya lucu dan penuh cita rasa Tang. Ke-14 “gadis dinasti Tang” yang lincah tampaknya telah keluar dari lukisan kuno, mereka terkadang tertawa dan bermain, dan terkadang berdandan. Gadis yang kecanduan bermain, tanpa sengaja menemukan bahwa dia tertinggal, penampilannya yang bingung membuat orang tertawa.

Dalam perjalanan, gadis-gadis itu berebut untuk melihat pantulan di air, dengan hati-hati memeriksa riasan mereka, dan sepenuhnya mengungkapkan suasana hati mereka yang bersemangat dan gugup sebelum pergi ke jamuan makan.

Ketika adegan beralih ke pertunjukan pengadilan formal, postur menari mereka menjadi luar biasa lagi, dan menampilkan keindahan dinasti Tang.

Gaya keseluruhannya lucu tanpa kehilangan warisan budaya, dan juga cocok dengan suasana Festival Musim Semi yang meriah dan damai.

Ini bukan hanya eksplorasi yang berguna dari modernisasi peninggalan budaya, tetapi juga presentasi yang hidup di bawah latar belakang digitalisasi peninggalan budaya.

Detail “Perjamuan Malam Istana Tang” menunjukkan semangat pengrajin para pencipta, mulai dari tata rias, pakaian hingga tata krama dan properti, para pencipta telah melakukan banyak penelitian yang cermat.

“Perjamuan Malam Istana Tang” menggabungkan Dao Lian Tu《捣练图》, Zan Hua Shi Nü Tu《簪花仕女图》, Shan Dong Xu Min Xing Mu Bi Hua Bei Qi Chu Xing Tu《山东徐敏行墓壁画备骑出行图》, Qian Li Jiang Shan Tu《千里江山图》, Fu Hao Xiao Zun 《妇好鸮尊》dan peninggalan budaya lainnya diintegrasikan ke dalamnya, dan para penari tampak berjalan melewati lukisan kuno, menggantikan penonton masuk ke dalam ruang estetika unik Tiongkok yang indah.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 12 =