Hal Yang Dilakukan Orang Tiongkok Saat Perayaan Festival Musim Semi

Spread the love

Hal Yang Dilakukan Orang Tiongkok Saat Perayaan Festival Musim Semi

Festival Musim Semi (hanzi: 春节, pinyin: chūn jié), disebut juga Tahun Baru (hanzi: 年 , pinyin: nián), adalah perayaan yang penting bagi orang Tiongkok.

Perayaan ini dimulai dari tanggal 30 bulan dua belas penanggalan Lunar (hanzi: 腊月 , pinyin: là yuè) hingga tanggal 15 bulan pertama penanggalan lunar (hanzi: 正月 , pinyin: zhēng yuè).

Pada tanggal 30 bulan dua belas penanggalan Lunar, atau yang juga dikenal dengan Malam Tahun Baru Imlek (hanzi: 除夕 , pinyin: chú xì) dan tanggal 1 bulan pertama penanggalan Lunar, merupakan hari terpenting dalam perayaan Festival Musim Semi.

Malam Tahun Baru Imlek, adalah hari berkumpul (hanzi: 团圆 , pinyin: tuán yuán) bersama keluarga bagi orang Tiongkok.

Pada malam ini, semua orang, tidak peduli berada dimanapun, sangat berharap bisa pulang dan berkumpul bersama keluarganya.

Tengah malam jam 12, seluruh keluarga akan makan malam bersama (hanzi: 团圆饭 , pinyin: tuán yuán fàn).

Saat pagi di hari berikutnya, atau yang juga dikenal dengan tanggal 1 bulan pertama penanggalan Lunar (hanzi: 正月初一 , pinyin: zhēng yuè chū yī), orang-orang akan keluar rumah dengan baju baru, membawa hadiah, pergi mengunjungi kerabat dan teman untuk memberi salam Tahun Baru Imlek (hanzi: 拜年 ,pinyin: bài nián).

Memberi salam Tahun Baru Imlek, harus sesuai urutan generasi, dari orang yang dituakan.

Ada beberapa orang yang memiliki banyak kerabat, terkadang tidak ingat akan panggilan para kerabatnya, sehingga akan memberikan salam “Selamat Tahun Baru Imlek (hanzi: 过年好 , pinyin: guò nián hǎo)”.

Meskipun salam ini terdengar pendek dan sederhana, tetapi orang-orang akan merasa hangat dan nyaman.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + ten =