Tanggal Baik Pernikahan Adat Tionghoa

Spread the love

Tanggal Baik Pernikahan Adat Tionghoa

Salah satu tradisi Tionghoa penting yang perlu diperhatikan pasangan saat merencanakan pernikahan mereka adalah memilih tanggal pernikahan yang menguntungkan.

Bagi orang Tionghoa, memiliki tanggal pernikahan yang tepat adalah hal penting karena memainkan peran besar dalam pernikahan yang dimiliki.

Memilih tanggal yang salah diyakini dapat menyebabkan masalah pernikahan, bahkan pernikahan yang gagal.

Banyak pasangan mencari bantuan dari master pernikahan Tionghoa.

Berikut adalah beberapa hal penting untuk diingat ketika memilih tanggal pernikahan adat Tionghoa.

Meskipun diketahui bahwa laki-laki adalah yang sangat dihormati dalam tradisi Tiongkok, dalam hal pernikahan dan memilih tanggal pernikahan, wanita dianggap yang pertama.

Secara umum, tanggal lahir pengantin wanita dilihat terlebih dahulu dan dipertimbangkan terlebih dahulu, diikuti oleh pengantin pria dan anggota keluarga lainnya.

Pepatah Tiongkok (子靠出生時.女靠行嫁年) (Zi kào chūshēng shí. Nǚ kào xíng jià nián) yang terkenal mengatakan, “Seorang pria dapat memiliki kehidupan yang lebih baik tergantung pada tanggal lahirnya, sedangkan seorang wanita dapat memiliki kehidupan yang lebih baik tergantung pada tanggal pernikahannya.”

Oleh karena itu, pentingnya memilih tanggal keberuntungan untuk pernikahan sangat bergantung pada bagaimana hubungannya dengan wanita.

Tentu saja, yang terbaik adalah memilih tanggal yang baik untuk berdua, misalnya hari-hari dengan “Tian Yi Gui Ren”. (Hanzi: 天乙贵人, Pinyin: Tiān yǐ guìrén)

Gui Ren adalah dewa Tiongkok, seperti pengubah hidup, yang berarti ini akan menjadi tanggal yang baik dan mengubah hidup pasangan pengantin berdua.

Tanggal apa pun yang terkait dengan pemakaman, mungkin kematian anggota keluarga di masa lalu, adalah nasib buruk. Tanggal pernikahan tidak boleh jatuh pada tanggal yang sama atau dalam waktu 3 bulan.

Demikian pula, tanggal apa pun yang terkait dengan “hantu” seperti “bulan hantu”, harus dihindari.

Bulan-bulan hantu yang harus dihindari adalah Maret dan Juli pada kalender lunar karena Festival Qingming (Hanzi: 清明节, Pinyin: Qīngmíng jié) dan Festival Hantu Lapar (Hanzi: 鬼节, Pinyin: Guǐ jié) yang semuanya merupakan festival “hantu”, berlangsung pada bulan-bulan ini.

Ada juga tanggal tabu tradisional yang harus dihindari.

Ini adalah hari lunar ke-3, 13, 18, 22 dan 27 di setiap bulan.

Tanggal-tanggal tersebut juga dikenal sebagai hari-hari buruk “San Niang Sha Ri” (Hanzi: 三娘煞日, Pinyin: Sān niáng shā rì).

Menurut legenda Tiongkok, Dewa Pernikahan menolak untuk menarik tali sutra untuk Sanniang, sehingga dia tidak bisa menikah.

Sebagai balas dendam, ia sering menentang Dewa Pernikahan dan merusak pernikahan pasangan baru pada tanggal 3, 7, 13, 18, 22, dan 27 setiap bulannya.

Oleh karena itu, tanggal-tanggal tersebut tidak disarankan menjadi tanggal pernikahan.

Jika berpikir untuk mengadakan upacara pernikahan dan jamuan pernikahan pada tanggal yang sama, maka hanya perlu memilih satu tanggal keberuntungan.

Tetapi jika akan mengadakan upacara dan perjamuan pada tanggal pernikahan yang berbeda, harus memilih 2 tanggal keberuntungan untuk keduanya.

Jika ini tidak memungkinkan, karena satu dan lain alasan, maka tanggal perjamuan tradisional harus jatuh pada hari yang baik karena ini dianggap sebagai tanggal pernikahan asli atau tanggal pernikahan resmi berdasarkan tradisi Tiongkok.

Menurut Zodiak Tiongkok, tanda-tanda tertentu saling bertentangan, misalnya, Tikus dan Kuda, Sapi dan Domba, Harimau dan Monyet, Kelinci dan Ayam, Naga dan Anjing, Ular dan Babi, adalah tanda-tanda binatang yang saling bertentangan.

Untuk tanggal pernikahan, hindari tanggal tanda yang saling bertentangan.

Jadi jika berada di bawah tanda Tikus, harus menghindari hari Kuda. Hal ini dapat diperiksa pada Almanak Tionghoa untuk detailnya.

Terakhir, pastikan untuk memeriksa tanggal keberuntungan yang dinyatakan pada tahun kalender. Ini biasanya tersedia di awal tahun.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × five =