Tradisi & Ide Baru Untuk Festival Pertengahan Musim Gugur

Tionghoa - Tradisi & Ide Baru Untuk Festival Pertengahan Musim Gugur - 1

Festival Pertengahan Musim Gugur (中秋节, Zhong Qiu Jie), atau lebih dikenal dengan sebutan Festival Kue Bulan, merupakan perayaan hari sukacita keluarga yang dilambangkan dengan kehadiran bulan purnama penuh. Biasanya pada masa ini adalah moment untuk berkumpul bersama keluarga. Festival Zhong Qiu Jie jatuh pada tanggal 15 bulan ke 8 berdasarkan perhitungan kalender lunar Tiongkok (Imlek).

Tradisi Kue Bulan pertama kali muncul pada masa Dinasti Xia dan Dinasti Shang. Ini adalah tradisi ritual masyarakat Tiongkok Kuno yang bersifat ritual, namun perayaan tradisi tersebut baru populer ketika masa Dinasti Tang.

Banyak hal hal yang bisa dilakukan saat Festival Pertengahan Musim Gugur, baik tradisi atau tren tren (ide) baru, antara lain:

1. Makan malam bersama
Karena Festival Pertengahan Musim Gugur mewakili reuni keluarga, keluarga akan makan malam bersama pada malam itu. Orang-orang yang tidak punya waktu untuk tinggal bersama orang tua mereka akan mencoba yang terbaik untuk pulang setidaknya untuk makan malam bersama. Kalian bisa masak di rumah atau makan di restoran. Di masa lalu, ibu akan memasak makanan lezat di rumah dan keluarga akan menghabiskan waktu bahagia bersama. Saat ini, sebagian besar keluarga cenderung makan malam di restoran daripada memasak di rumah. Oleh karena itu, restoran terkenal dapat dipesan penuh pada malam Festival Pertengahan Musim Gugur.

2. Makan Kue Bulan
Kue bulan adalah kue tradisional Tiongkok. Terbuat dari tepung terigu dan isian manis, seperti gula dan bubuk biji teratai. Ini adalah simbol reuni keluarga, dan kue tersebut secara tradisional dipotong menjadi beberapa bagian yang sama dengan jumlah orang dalam keluarga. Makan kue bulan adalah tradisi yang paling umum dan mewakili hari itu. Pada waktu biasa, orang tidak akan membeli atau makan kue bulan tetapi selama Festival Pertengahan Musim Gugur setiap orang akan memiliki kue bulan untuk dirayakan.

3. Menikmati indahnya bulan
Dalam kepercayaan orang Tionghoa, bulan purnama adalah simbol reuni keluarga. Banyak penyair kuno terkenal menulis puisi tentang bulan dan mengungkapkan kerinduan mereka. Ketika orang melihat bulan, itu mengingatkan mereka pada keluarga dan tanah air mereka. Saat ini, orang masih suka menghargai bulan selama Festival Pertengahan Musim Gugur di Tiongkok. Anggota keluarga Tionghoa makan malam bersama di malam Festival Pertengahan Musim Gugur. Setelah makan malam, mereka dapat berbicara tentang pekerjaan mereka, anak-anak, dan rencana masa depan mereka. Tempat tempat yang bisa kalian pakai untk menikmati bulan, antara lain: atap, balkon, puncak gunung, tepi danau, atau lainnya.

4. Menyembah bulan (tradisi yang sudah mulai menghilang)
Setelah makan malam, setiap keluarga akan meletakkan meja di luar pintu, atau di halaman. Mereka biasa meletakkan kue bulan, buah, dupa, dan tempat lilin di atas meja, menghadap ke bulan. Saat ini, tradisi ini mulai menghilang. Sangat jarang melihat keluarga menyembah bulan di kota-kota besar. Di beberapa kota tua atau kota wisata, orang akan mengadakan upacara pemujaan bulan di alun-alun, taman, atau jalan, tetapi ini lebih seperti pertunjukan. Buah untuk menyembah bulan termasuk semangka, jeruk bali, delima, pir, kesemek, anggur, atau buah musiman lainnya.

5. Membuat lentera warna warni (kegiatan yang sangat anak anak sukai)
Membuat lampion warna-warni adalah kegiatan yang menyenangkan antara keluarga dan anak-anak. Lampion memiliki bentuk yang berbeda-beda dan bisa juga menyerupai hewan, tumbuhan, atau bunga. Anak-anak suka membuat lentera warna-warni. Mereka membuatnya dalam berbagai bentuk untuk digantung di pohon atau rumah, atau diapungkan di sungai. Taman juga akan menggantung lentera warna-warni, yang memberikan pemandangan indah di malam hari. Mereka juga membuat lentera Kongming, yang bisa terbang karena lilin yang menyala memanaskan udara di dalam lentera. Anak-anak menulis harapan baik di lentera dan membiarkan mereka terbang ke langit.

6. Memberikan hadiah kepada teman atau kerabat
Sangat populer untuk memberikan hadiah kepada teman dan kerabat selama Festival Pertengahan Musim Gugur. Selama festival, orang-orang akan melakukan kunjungan singkat ke teman atau kerabat, membawa hadiah bersama mereka. Mereka biasanya berangkat sebelum jam makan malam. Ini adalah saat yang tepat untuk lebih dekat dengan teman dan kerabat. Biasanya orang orang membagikan kue bulan atau buah.

7. Mengucapkan “Selamat Festival Pertengahan Musim Gugur!” atau “Zhōngqiū jié kuàilè!”
Orang yang terbiasa menggunakan ponsel akan mengirim pesan perayaan ke teman, kerabat, atau orang yang jauh. Ini juga merupakan cara yang baik untuk mencairkan suasana jika Anda tidak tahu cara memulai percakapan melalui telepon. Di masa lalu, orang mengirim SMS. Saat ini, anak muda suka berkirim pesan melalui aplikasi perpesanan instan, seperti WeChat atau QQ.

Pesan yang biasa diucapkan:
Bahasa Mandarin: 中秋节快乐 / Zhōngqiūjié kuàilè!
Bahasa Indonesia: Selamat Festival Pertengahan Musim Gugur!

8. Jalan jalan atau wisata pendek
Festival Pertengahan Musim Gugur bukan hanya festival tradisional Tiongkok tetapi jugajuga merupakan hari libur umum bagi orang Tionghoa. Biasanya, orang China akan memiliki tiga hari libur termasuk akhir pekan. Oleh karena itu, orang dapat melakukan perjalanan singkat bersama keluarga atau teman.

9. Belanja (populer di kalangan anak muda)
Hampir setiap hari libur besar, akan ada promosi diskon di supermarket, pusat perbelanjaan, dan toko online. Selama Festival Pertengahan Musim Gugur, supermarket akan mengadakan undian lotere untuk kue bulan menggunakan struk konsumen. Dan karena cuaca sedang dingin, juga akan ada penjualan musim panas yang besar di pusat perbelanjaan.

10. Menonton serial TV atau film
Menonton film bukanlah tradisi untuk festival apa pun karena apat melakukannya kapan saja. Tetapi ketika orang tidak memiliki rencana lain dan ingin mencari cara untuk merayakan festival, menonton film adalah ide yang bagus. Biasanya keluarga atau pasangan akan menonton serial TV atau flm setelah makan malam.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =