Stempel Tiongkok 印章, Untuk Dokumen, Kaligrafi, Lukisan

Spread the love

Tionghoa Org - Stempel Tiongkok 印章, Untuk Dokumen, Kaligrafi, Lukisan - 1

Stempel atau segel Tiongkok (Hanzi: 印章 ; pinyin: yìn zhāng) adalah stempel yang digunakan untuk menandai dokumen penting, karya seni, atau barang lain yang memerlukan tanda tangan.

Stempel Tiongkok biasanya terbuat dari batu, terkadang dari logam, kayu, bambu, atau gading, dan biasanya digunakan dengan tinta merah atau pasta cinnabar (Hanzi: 朱砂 ; pinyin: zhū shā).

Sejarah

Sepanjang sejarah Tiongkok, stempel telah memainkan peran penting dan diketahui telah digunakan baik oleh otoritas pemerintah maupun perorangan selama ribuan tahun.

Contoh stempel paling awal yang diketahui di Tiongkok kuno berasal dari dinasti Shang dan ditemukan di situs arkeologi di Anyang.

Namun, bagaimana stempel kuno ini digunakan masih harus diungkap karena hanya mulai dari periode Musim Semi dan Musim Gugur terjadi peningkatan jumlah stempel Tiongkok.

Tionghoa Org - Stempel Tiongkok 印章, Untuk Dokumen, Kaligrafi, Lukisan - 3

Hingga akhir periode Negara-Negara Berperang, semua stempel dikenal sebagai Xi (Hanzi: 玺 ; pinyin: xǐ), terlepas dari apakah itu digunakan oleh pejabat pemerintah atau penggunaan pribadi dan terlepas dari bahan apa pun yang digunakan untuk membuatnya.

Selama dinasti Han, sebuah mitos asal usul stempel pertama dalam sejarah Tiongkok dicatat, mitos ini menyatakan bahwa stempel pertama diberikan kepada Kaisar Kuning oleh seekor naga kuning yang memiliki bagan di punggungnya.

Selama periode kekaisaran Tiongkok, istilah Xi secara bertahap mulai menjadi sebutan yang secara eksklusif diperuntukkan bagi stempel Kaisar.

Selama dinasti Han, Kaisar Tiongkok memiliki 6 stempel kekaisaran.

Menurut The New Book of Tang (Tangshu), Wu Zetian mengeluarkan dekrit yang mengubah penggunaan kata Xi, dan untuk stempel kekaisaran, istilah diubah menjadi Bao (Hanzi: 宝 ; pinyin: bǎo), yang artinya harta karun.

Alasannya di balik perubahan ini adalah karena menurutnya kata Xi (玺) terdengar terlalu mirip dengan Si (死, sǐ) yang artinya kematian, dan Xi (息, xī) yang artinya istirahat.

Namun ketika Kaisar Zhongzong kembali menduduki tahta dinasti Tang, dia mengubah nama stempel kekaisaran kembali menjadi Xi.

Pada abad-abad berikutnya, istilah Xi dan Bao silih berganti, tergantung pada periodenya.

Jenis stempel lain yang digunakan oleh Kaisar Tiongkok adalah stempel untuk menunjukkan bahwa teks atau dokumen resmi tertentu ditulis dengan tulisan tangan Kaisar sendiri, bukan ditulis oleh seseorang yang diperintahkan oleh Kaisar.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 9 =