Butuh Waktu Lama Untuk Menempa Orang Menjadi Berhasil (大器晚成)

Spread the love

Butuh Waktu Lama Untuk Menempa Orang Menjadi Berhasil (大器晚成)

大器晚成
Dàqìwǎnchéng
Butuh waktu lama untuk menempa orang menjadi berhasil

大 – dà – besar
器 – qì – kemampuan, bakat
晚 – wǎn – lambat
成 – chéng – berhasil

Late bloomer adalah idiom yang berasal dari Bab 41 dari Periode Musim Semi dan Musim Gugur Tao De Jing karya Lao Zi. (Hanzi: 春秋·老子《道德经》, Pinyin: Chūnqiū – Lǎozi (Dàodé jīng)).

Ungkapan ini awalnya berarti butuh waktu lama untuk mengubah suatu bahan bagus menjadi sebuah alat, dan kemudian digunakan untuk menggambarkan seseorang yang dapat mengambil tugas besar atau membuat suatu tujuan besar nantinya.

Kisah Asal Usul Idiom 大器晚成

Pada akhir Dinasti Han Timur, ada seorang pria bernama Cui Yan (Hanzi: 崔琰, Pinyin: Cuī yǎn), yang sangat pandai dalam ilmu pedang dan terutama suka berteman. Namun, beberapa orang berpikir bahwa dia bodoh.

Suatu ketika, ketika dia pergi mengunjungi seorang yang sangat terpelajar, tuannya meminta pembantu rumah tangga untuk keluar dan memberitahunya, “Guru begitu asyik dengan pelajarannya sehingga dia tidak punya waktu untuk mengobrol.”

Cui Yan tahu bahwa orang-orang mengira dia tidak punya pengetahuan, dan merasa sangat malu.

Jadi dia diam-diam memutuskan bahwa untuk belajar dengan giat dan menjadi orang yang bisa sastra dan bela diri.

Sejak itu, Cui Yan dengan rendah hati belajar dengan seorang guru, dan pengetahuannya secara bertahap meningkat.

Yuan Shao (Hanzi袁绍, Pinyin: Yuánshào), yang mendominasi daerah utara pada waktu itu, merekrutnya sebagai penasihat.

Setelah Yuan Shao dihancurkan oleh Cao Cao (Hanzi: 曹操, Pinyin: Cáocāo), Cao Cao mendengar bahwa Cui Yan berbakat dan membujuk Cui Yan untuk mengabdi padanya.

Cui Yan memiliki banyak ide dan sangat dihargai oleh Cao Cao.

Suatu ketika, Cao Cao dan Cui Yan mendiskusikan bahwa mereka ingin menjadikan putra bungsu mereka Cao Zhi (Hanzi曹植, Pinyin: Cáozhí) sebagai putra mahkota.

Cui Yan berkata: “Sejak zaman kuno, orang yang lebih berumur lebih menonjol daripada yang lebih muda. Anda memilih Cao Zhi, Cao Pi (Hanzi曹丕, Pinyin: Cáopī) akan tidak puas, dan para menteri juga tidak puas, dan ini adalah awal bencana. Keduanya adalah darah dan daging. Tolong pikirkan baik-baik, Tuanku!”

Sebenarnya, Cao Zhi juga adalah keponakan menantu Cui Yan, tetapi meskipun dia adalah seorang kerabat, Cui Yan tidak memihak. Cao Cao mengagumi keadilan Cui Yan.

Cui Yan memiliki sepupu bernama Cui Lin (Hanzi崔林, Pinyin: Cuī lín). Cui Lin tidak mencapai apa pun ketika dia masih muda, dan kerabat serta teman-temannya memandang rendah dia, tetapi Cui Yan sangat menghargainya.

Berdasarkan pengalamannya sendiri, dia sering berkata kepada orang lain: “Butuh waktu lama bagi orang-orang dengan bakat hebat untuk menjadi sukses. Orang yang berbakat adalah orang yang terlambat berkembang. Cui Lin pasti akan sukses di masa depan.”

Kemudian, Cui Lin benar-benar menjadi pejabat tinggi.

Arti Idiom 大器晚成

Bagi mereka yang berjuang untuk mencapai kesuksesan, waktu yang digunakan untuk meraih kesuksesan seringkali berbeda setiap orang karena pengalaman dan peluang yang berbeda.

Meskipun ada banyak orang yang berusia muda yang berhasil, ada juga banyak kasus yang memberi tahu kita bahwa kekecewaan, kemunduran, dan kesulitan di masa usia muda tidak akan mempengaruhi orang-orang yang gigih yang terlambat berkembang.

Mereka yang dapat disebut “alat yang hebat” harus menjadi “yang pertama menderita pikiran dan kehendak mereka, bekerja keras pada otot dan tulang mereka, membuat tubuh dan kulit mereka kelaparan, mengosongkan tubuh mereka, dan mengganggu tindakan mereka, sehingga mereka menggerakkan pikiran dan ketekunan mereka.”

Tidak ada kata terlambat untuk belajar, tetapi tanpa ketekunan, tidak mungkin menyelesaikan lompatan dari orang biasa menjadi “orang besar”.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.

8 − seven =