Tradisi Hari Valentine di Tiongkok Yang Jarang Diketahui, Festival Shangsi / Festival Tiga Ganda

Tionghoa Org -Tradisi Hari Valentine di Tiongkok Yang Jarang Diketahui, Festival Shangsi Festival Tiga Ganda - 1

Festival Shangsi / Festival Tiga Ganda adalah festival di Tiongkok yang dirayakan pada hari ketiga bulan ketiga penanggalan Lunar.

Festival Shangsi (上巳节, dibaca: Shàngsì jié) memiliki sejarah yang panjang. Pada zaman kuno, Festival Shangsi menjadi festival rakyat berskala besar di beberapa tempat. Orang-orang keluar dari rumah dan berkumpul di tepi air untuk melakukan upacara mengusir hal yang tidak menyenangkan.

Pada hari istimewa ini, orang Tionghoa muda dan tua akan pergi jalan-jalan, atau menghadiri acara sosial di mana banyak orang akan berkumpul. Pada hari ini, pria dan wanita muda memiliki kesempatan untuk bertemu atau berkencan (wanita biasanya dengan pendamping).

Menurut “Book of Songs” dari Periode Musim Semi dan Gugur (770 – 476 SM). Festival Shangsi dianggap sebagai salah satu Hari Valentine kuno di Tiongkok. Belakangan, hari ini berkembang menjadi kesempatan bagi pria dan wanita lajang untuk bertemu dan mengekspresikan cinta mereka satu sama lain. Karena praktik menjadi lebih ketat selama Dinasti Song Festival Shangsi secara bertahap kehilangan daya tariknya. Saat ini, kebanyakan orang Tionghoa telah melupakan festival ini. Namun, masih diingat oleh kelompok etnis minoritas di Tiongkok, seperti orang Zhuang, Dong, dan She.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 19 =