Legenda Festival Pertengahan Musim Gugur Yang Benar-benar Terjadi

Spread the love

Legenda Festival Pertengahan Musim Gugur Yang Benar-benar Terjadi

Legenda Festival Pertengahan Musim Gugur – Zhu Yuanzhang dan Kue Bulan

Ini adalah legenda Festival Pertengahan Musim Gugur yang benar-benar terjadi.

Pada akhir Dinasti Yuan (1271 – 1368 M), orang-orang di banyak bagian negara tidak tahan dengan aturan kejam pemerintah dan bangkit memberontak.

Zhu Yuanzhang (Hanzi: 朱元璋, Pinyin: Zhūyuánzhāng), pendiri Dinasti Ming (1368 – 1644 M), menyatukan kekuatan perlawanan yang berbeda dan ingin mengorganisir pemberontakan.

Namun, karena pencarian yang ketat oleh pemerintah, sangat sulit untuk menyampaikan pesan.

Konselor Liu Bowen (Hanzi: 刘伯温, Pinyin: Liú Bówēn) kemudian memikirkan ide bagus untuk menyembunyikan catatan dengan “kebangkitan pada malam Hari Pertengahan Musim Gugur” di kue bulan dan mengirimnya ke pasukan perlawanan yang berbeda.

Pemberontakan berubah menjadi sangat sukses dan Zhu Yuanzhang sangat senang sehingga dia memberikan kue bulan kepada rakyatnya pada Festival Pertengahan Musim Gugur berikutnya.

Sejak itu, makan kue bulan menjadi kebiasaan di Festival Pertengahan Musim Gugur.

Keterangan:

Liu Ji (Hanzi: 刘基, Pinyin: Liú jī) (1 Juli 1311 – 16 Mei 1375), Bowen , lebih dikenal sebagai Liu Bowen, adalah ahli strategi, filsuf, dan politikus militer Tiongkok yang hidup pada akhir Dinasti Yuan dan awal Dinasti Ming.
Ia lahir di Kabupaten Qingtian (sekarang Kabupaten Wencheng, Wenzhou, Zhejiang).
Dia menjabat sebagai penasihat kunci untuk Zhu Yuanzhang, Kaisar Hongwu, pendiri dinasti Ming, dalam perjuangan yang terakhir untuk menggulingkan dinasti Yuan.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × four =