Selamat Tahun Baru Imlek 4719 HE

Spread the love

Selamat Tahun Baru Imlek 4719 HE. Semoga kita semua mendapatkan kesehatan yang baik, keberuntungan, dan dilimpahi kebahagiaan sepanjang Tahun Macan Air.

Tionghoa Org - Selamat Tahun Baru Imlek 4719 HE - 1

Berhubung hari ini adalah Hari Tahun Baru Imlek, ini 8 fakta yang harus kamu ketahui tentang Tahun Baru Imlek:

1. Tanggal perayaan berubah setiap tahun

Mengapa setiap tahun tanggal Tahun Baru Imlek berbeda dengan tahun sebelumnya? Hal ini dikarenakan Tahun Baru Imlek mengikuti kalender Lunar, bukan kalender Masehi. Biasanya Tahun Baru Imlek jatuh pada pertengahan Januari atau pertengahan Februari. Pada tahun 2022, Tahun Baru Imlek jatuh pada 1 Februari 2022, melainkan hari ini.

2. Disebut juga dengan Festival Musim Semi

Meskipun musim dingin, orang Tiongkok menyebut liburan Tahun Baru mereka adalah Festival Musim Semi (春节 dibaca: chūn jié).

3. Tahun Baru Imlek dengan shio baru

Di tradisi Tionghoa, ada 12 shio. 12 shio tersebut adalah Tikus, Kerbau, Harimau, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi. 2022 adalah Tahun Macan.

4. Perayaan berlangsung selama 15 hari hingga Festival Lampion

Waktu puncak dari seluruh perayaan adalah pada Malam Tahun Baru Imlek dan hari pertama tahun baru Imlek. Hari ke-15 disebut Festival Lampion atau yang biasa kita kenal dengan Cap Go Meh, menandai akhir dari perayaan.

5. Banyak penduduk dunia yang merayakannya

Perayaan ini tidak hanya dirayakan di Tiongkok, tetapi juga dirayakan di Taiwan, Vietnam, Singapura serta di banyak negara lainnya.

6. Makan malam bersama keluarga saat Malam Tahun Baru Imlek

Tengah malam jam 12, seluruh keluarga akan makan malam bersama (hanzi: 团圆饭 , pinyin: tuán yuán fàn).

Di Tiongkok, setelah makan malam reuni, keluarga duduk bersama untuk menonton Gala Tahun Baru CCTV sambil mengobrol. Sebagai program TV yang paling banyak ditonton, Gala ini mengumpulkan berbagai pertunjukan yang dipilih dengan baik, menargetkan penonton dari berbagai generasi.

7. Dekorasi perayaan kebanyakan berwarna merah

Rumah-rumah didekorasi dengan serba merah, lentera merah, potongan kertas merah; jalan-jalan kota diterangi oleh lentera merah; dan banyak orang berpakaian merah. Hal ini karena merah dalam budaya Tionghoa adalah simbol kebahagiaan, kekayaan dan kemakmuran, serta dapat mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan.

8. “Guo Nian Hao (hanzi: 过年好, pinyin: guò nián hǎo)” adalah salah satu salam yang paling sering digunakan


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.

13 − six =