Tembok Besar Tiongkok (长城 )

Tembok Besar Tiongkok

Tembok Besar Tiongkok (Hanzi: 长城, Pinyin: Chángchéng) adalah salah satu prestasi pembangunan terbesar di dunia, merupakan bangunan terpanjang yang pernah diciptakan manusia yang berlokasi di Tiongkok.

Tembok Besar Tiongkok juga dikenal dengan nama Tembok Sepanjang 10.000 Li (Hanzi: 万里长城, Pinyin: Wànlĭ Chángchéng).

Selama Periode Negara-Negara Berperang (Hanzi: 战国时代, Pinyin: Zhànguó Shídài), para adipati dan pangeran membangun benteng dan tembok sepnjang perbatasan.

Ketika Kaisar Qin Shi Huang (Hanzi: 秦始皇, Pinyin: Qín Shǐ Huáng) menyatukan Dataran Tengah, 300.000 orang dipekerjakan selama 10 tahun lebih untuk menghubungkan, memperkuat, dan memperluas tembok utara Yan (Hanzi: 燕, Pinyin: Yān), Zhao (Hanzi: 赵, Pinyin: Zhào), dan Qin (Hanzi: 秦朝, Pinyin: Qín cháo) untuk membangun Tembok Besar Tiongkok sepanjang 5.000 km yang memanjang ke barat ke Lintao (Hanzi: 临洮县, Pinyin: Líntáo Xiàn) dan ke Timur ke Liaodong (Hanzi: 辽东, Pinyin: Liáodōng).

Pada masa setelah Dinasti Qin (Hanzi: 秦朝, Pinyin: Qín cháo) hingga Dinasti Ming (Hanzi: 明朝, Pinyin: Míng cháo) , Tembok Besar mengalami perbaikan dan kontruksi terus-menerus.

Selama Dinasti Ming, Tembok Besar diperpanjang dari barat Celah Jiayu (Hanzi: 嘉峪关, Pinyin: Jiāyù Guān) ke timur Celah Shanhai (Hanzi: 山海关, Pinyin: Shānhǎi Guān), dengan total panjang 6.700 km.

Konon, perkiraan material bangunan untuk membuat Celah Jiayu sangat tepat sehingga hanya tersisa satu bata setelah temboknya selesai dibangun.

Struktur Tembok Besar Tiongkok

Tembok besar terdiri dari tembok, pos penjaga, celah / pintu gerbang, dan menara suar.

Tembok Besar Tiongkok (长城 )

Tembok Besar Tiongkok

Tembok Besar Tiongkok (长城 )

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 4 =