9 Khasiat Buah Kesemek Buah Asal Tiongkok Yang Perlu Diketahui

9 Khasiat Buah Kesemek Buah Asal Tiongkok Yang Perlu Diketahui

Buah kesemek (柿子, Shìzi), dalam bahasa ilmiah disebut Diospyros kaki, dan dalam bahasa Inggris dinamakan Oriental persimmon.

Buah yang berasal dari daratan Tiongkok ini, buahnya sangat mirip dengan buah apel. Saat buah kesemek masak, kulitnya berubah warna dari hijau menjadi kekuning-kuningan. Rasa daging buahnya manis, renyah seperti pepaya mengkal dan berangsur lunak seiring dengan matangnya buah.

Gizi yang terdapat dalam buah kesemek dua kali lebh banyak dibandingnkan buah apel. Dalam 100 gram buah kesemek, terdapat energi 88 kal, karbohidrat 15 gram, kalsium 6 mg, fosfor 26 mg, retinol 813 mcg, dan asam askorbat 20 mg.

Buah ini sangat berkhasiat bagi bagi tubuh.

Berikut 9 khasiat buah kesemek buah asal daratan Tiongkok yang perlu diketahui.

1. Mencegah kanker
Buah kesemek dapat mencegah pertumbuhan kanker. Perlu diketahui bahwa buah kesemek banyak sekali mengandung antioksidan. Dengan kandungannya ini, khasiat buah kesemek untuk kesehatan adalah berguna menjadi anti kanker yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan radikal bebas, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Vitamin yang terkandung dalam kesemek yaitu vitamin A dan vitamin C dengan kadar cukup yang tinggi, serta didukung dengan senyawa fenolik di dalamnya, berguna untuk mencegah banyak jenis kanker.

2. Meningkatkan Aktivitas Metabolisme Tubuh

Tidak hanya itu saja, khasiat buah kesemek berikutnya adalah dapat meningkatkan aktivitas metabolisme tubuh karena mengandung unsur vitamin B kompleks yaitu asam folat dan tiamin. Unsur tersebut penting untuk bagian dalam metabolisme pada seluruh tubuh. Unsur ini akan memastikan sistem tubuh sudah berfungsi dengan benar, sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah kesemek juga dapat membantu menurunkan berat badan. Buah kesemek dengan berukuran sedang memiliki berat sekitar 168 gram dan mengandung karbohidrat sekitar 31 gram. Kesemek merupakan buah yang rendah kalori, sehingga khasiat buah kesemek untuk kesehatan sangat cocok dan ideal untuk dijadikan konsumsi ketika sedang menjalankan program diet.

4. Menjaga Kesehatan Hati

Khasiat buah kesemek lainnya yakni dapat menjaga kesehatan hati. Kaya akan kandungan antioksidan, menjadikan buah ini berkhasiat untuk menangkal adanya radikal bebas berbahaya dari oksigen. Antioksidan juga berfungsi dalam menurunkan efek bahan beracun serta mencegah kerusakan sel dalam tubuh, atau detoksifikasi pada hati.

5. Mengurangi Resiko Kolesterol

Buah yang dalam bahasa Mandarin disebut Shìzi guǒ, berkhasiat menurunkan kadar resiko kolesterol dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah kesemek dapat mengurangi kadar kolestrol pada tubuh. Dengan mengkonsumsi buah kesemek setiap hari secara teratur merupakan ide bagus untuk membantu mengurangi tingkat kolesterol.

6. Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Buah kesemek kaya akan kandungan antioksidan. Menurut sebuah studi yang sudah dilakukan, jus kesemek kaya akan asam galat dan epicatechin gallate. Keduanya merupakan senyawa yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas berbahaya, sehingga akan mencegah kerusakan sel dan mengurangi resiko terserang penyakit kronis.

7. Menjaga Kesehatan Mata
Khasiat buah kesemek lainnya adalah menjaga kesehatan mata. Hal ini karena buah kesemek ternyata kaya akan vitamin A. Setiap buah kesemek mampu menyediakan 55% vitamin A dari kebutuhan harian. Itu sebabnya penting mengkonsumsi buah dengan kandungan vitamin A, karena jika kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun di malam hari, mata kering, dan penyakit kronis mata lainnya.

8. Membuat Awet Muda
Mengkonsumsi buah yang cocok berkembang biak di daerah berhawa dingin dan sejuk ini, dapat membuat awet muda. Kandungan retinol dan antioksidan dalam buah kesemek dapat menghambat proses penuaan dini.

9. Baik Untuk Kesehatan Jantung
Buah yang sering dijuluki buah genit ini, dapat mencegah pengerasana pembuluh darah, karena buah ini mampu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Dengan kelenturan pembuluh darah dan tekanan darah tetap stabil, akan berdampak positif terhadap kesehatan jantung.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + nine =