Batu Fengshui Gunung Tai Shan

Spread the love

Batu Fengshui Gunung Tai Shan

Tai Shan Shi Gan Dang
(泰山石敢當 ~ Tài Shān Shí Gǎn Dāng)

Tai Shan Stone adalah batu khusus yang diambil dari gunung Tai Shan (dibaca: Dai San).

Sedangkan gunung Tai Shan adalah salah satu dari 5 gunung yang dikeramatkan di Tiongkok. Gunung ini berada di propinsi Shandong, yang memiliki ketinggian 1545 meter di atas permukaan air laut.

Batu Fengshui Gunung Tai Shan

Begitu sakralnya gunung ini telah memiliki cerita lebih dari 3000 tahun yang lalu, yang mana selalu dipakai oleh para kaisar jaman dulu untuk berdoa kepada langit agar negaranya makmur dan dilindungi.

Menurut cerita mitos yang ada, pada jaman dulu sekitar era dinasti Han (tahun 206 Sebelum Masehi sampai tahun 220 Masehi) terlahir seorang pemuda yang bernama Shi Gan Dang.

Batu Fengshui Gunung Tai Shan

Pemuda ini adalah roh suci yang ditugaskan oleh seorang Dewi yang bernama Bi Xia Yuan Jun, yaitu Dewi Penjaga Gunung Tai Shan.

Pemuda ini sangatlah kuat dan berani, sehingga penduduk di sekitar desa tersebut merasa tentram dengan kehadiran pemuda ini dan ketika meninggal beliau dianggap sebagai “Dewa Pelindung Masyarakat Desa” di gunung Tai Shan.

Seiring berkembangnya waktu, masyarakat mempercayai bahwasanya dengan menulis nama ‘Shi Gan Dang’ pada batu-batuan di gunung Tai Shan maka mereka akan dilindungi oleh figur tersebut.

Batu Fengshui Gunung Tai Shan

Akhirnya, lama-kelamaan tradisi ini berkembang sampai dinasti Tang (tahun 618 sampai 907 Masehi) dan dinasti Song (tahun 960 sampai 1279 Masehi) dimana waktu itu muncul sebuah tulisan di batu bernama ‘Tai Shan Shi Gan Dang’ yang berarti Shi Gan Dang yang berasal dari gunung Tai Shan.

Batu tersebut biasanya diambil dari gunung Tai Shan dan memiliki ketinggian beberapa meter serta dipasang pada 4 sudut desa.

Fungsinya adalah sebagai perlindungan penduduk desa dari roh-roh jahat dan menetralisir energi yang negatif.

Kepopuleran dari batu Tai Shan lama-kelamaan telah mendunia dan akhirnya dipakai oleh para praktisi Feng Shui sebagai perlindungan dari roh jahat dan energi yang negatif.

Sampai sekarang batu ‘Tai Shan Shi Gan Dang’ telah dimasukkan menjadi warisan budaya Tiongkok (Chinese Cultural Heritage) pada tahun 2006.

Batu Fengshui Gunung Tai Shan

Cara menggunakan batu Tai Shan Shi Gan Dang adalah sebagai berikut :

1. Jika rumah Anda memiliki sektor yang hilang atau bentuk rumah tidak persegi sehingga memunculkan salah satu sektor yang hilang, maka sektor yang hilang tersebut bisa diletakkan batu ‘Tai Shan Shi Gan Dang’.

2. Anda juga bisa memasang batu ‘Tai Shan Shi Gan Dang’ pada area depan rumah, yaitu area pagar depan atau area taman depan untuk melindungi dari berbagai macam roh jahat ataupun energi yang negatif.

3. Anda juga bisa memasang batu ‘Tai Shan Shi Gan Dang’ bilamana posisi rumah Anda adalah tusuk sate (persimpangan T atau Y) kemudian terkena posisi lekukan jalan seperti pisau.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =