Pedoman Untuk Menjadi Dewa-Dewi Menurut Ge Hong

Ge Hong - 3 - 1200

GE HONG (284 – 364 M), merupakan tokoh AGAMA TAO yang sangat ahli dalam ilmu pengobatan.

Di dalam salah satu peninggalannya, Beliau memberikan 6 pedoman khusus bagi Umat Agama Tao yang menginginkan Xiu Dao sampai menjadi Shen Xian. Namun demikian hanya 4 poin saja yang bisa dibicarakan secara terbuka, sisanya tidak akan pernah dibahas, supaya tidak digunakan oleh para Tukang Mixin untuk menipu orang lain lagi.

Pedoman untuk menjadi Shen Xian:

1. CHI SHAN LI GONG (Berbuat amal kebajikan dan mendirikan GONG DE).

GE HONG menasehati semua Umat TAO untuk sedapat mungkin mengumpulkan GONG DE dimulai dari banyak berbuat amal kebajikan, termasuk selalu berusaha menolong orang lain. Sebab hanya dengan demikianlah, Umat Tao baru bisa berusaha lebih lanjut untuk menjadi Shen Xian.

Di sini jelas sekali bahwa GE HONG mengingatkan kepada kita, kalau cuma bertapa di goa-goa tanpa mau berbuat amal kebajikan, maka jelas tidak akan pernah lulus jadi Shen Xian, paling-paling hanya jadi orang aneh doang. Sebab hanya orang yang tahu jadi oranglah yang mampu menolong orang lain. Kalau dijelaskan lebih rinci, hanya MANUSIA SEJATI-lah yang mampu dan berusaha selalu menolong manusia lainnya.

Sebaliknya kalau selalu mengumpulkan GONG DE, walaupun nantinya tidak lulus jadi Shen Xian, minimal sudah dikenang oleh masyarakat sebagai orang yang baik.

Kalau syarat menjadi Shen Xian saja sudah harus banyak menolong orang lain, maka Shen Xian pasti akan bersifat selalu menolong umat manusia sebagai Tugas Utama-Nya. Kalau hal ini masih ada yang mempertanyakannya, itu ybs sangat tidak memadai untuk Xiu Dao ke tingkat lebih lanjut.

Nah, sampai di sini kita semua sudah bisa menyadari bahwa pengetahuan Tao Xue (道学) seseorang sangat mempengaruhi cara Xiu Dao orang tsb. Oleh karena itu, kita harus sedapat mungkin belajar ilmu pengetahuan Tao (Tao Xue) berdasarkan ilmiah dan anti ketahyulan.

Namun sudah jelas kalau hanya berbuat amal kebajikan saja, masih belum cukup untuk bisa menjadi Shen Xian. Oleh karena itu masih ada poin-poin lainnya, yang harus dilakukan dan dilatih lebih lanjut.

2. CHAO MU YAO ER (Menggunakan ramuan tumbuh-tumbuhan sebagai bahan obat/suplemen).

Seorang Ge Hong adalah ahli di bidang pengobatan. Orang yang belajar Agama Tao biasanya selalu bisa dan mengerti tentang tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat obat dan suplemen untuk membantu menjaga kesehatan diri sendiri dan menolong orang lain. Oleh karena itu, sejak zaman kuno dulu para Tokoh Agama Tao telah banyak memberikan kontribusi terhadap kemajuan Teori Pengobatan Timur (TCM) hingga saat ini. Semua itu ada hubungannya dengan anjuran Ge Hong yang mencantumkan bahwa: “Kemahiran dalam menggunakan tumbuh-tumbuhan sebagai ramuan obat dan suplemen, merupakan salah satu syarat untuk bisa menjadi Shen Xian. (NB: Yang dimaksud adalah kemahiran yang ilmiah dan logis, bukan asal ambil rumput dan secara Mi Xin mengatakan itu sebagai obat. Dan mengatakan pula itu anjuran dari Shen).

Pada zaman sekarang ini, mestinya lebih mudah belajar tentang khasiat tumbuh-tumbuhan, karena ada banyak buku tentang hal tsb. Minimalnya kita harus sedikit tahu bahan-bahan makanan apa saja yang punya khasiat, selain sebagai makanan juga sebagai suplemen sekaligus sebagai obat untuk penyakit atau kelemahan-kelemahan tertentu. Ini penting untuk membantu menjaga kesehatan diri kita.

Nah, pengetahuan tentang cara menggunakan bahan-bahan makanan untuk menjaga kesehatan tubuh kita itulah yg dianjurkan oleh Ge Hong bagi kita yang sedang Xiu Dao ini, supaya tubuh kita bisa sehat selama mungkin.

3. QU SHEN DAO YIN (Belajar Dao secara sempurna).

Poin ke-3 ini menjelaskan bahwa kalau ingin menjadi Shen Xian, kita harus belajar Tao.
TYS, dibagi menjadi 2 bagian besar:
– Xian Tian TYS atau biasanya disebut Shen Gong TYS.
– Hou Tian TYS. TYS jenis ada banyak macamnya, seperti: Qi Gong TYS; Dong Gong TYS (misalnya: Hua Tuo Wu Qin Zhe Shi; Thaiji Wu Xing Jian Shen Fa); Qing Zuo TYS; An Mo Yang Shen TYS (misalnya: Laozi An Mo Fa); dsb.
Tentunya yang terpenting adalah Xian Tian TYS yang kita latih sehari-hari. Namun Hou Tian TYS juga penting bagi kita, karena sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan badan kita, bahkan untuk mencegah serta mengobati penyakit-penyakit tertentu.

4. BAO JING AI QI (Menghargai Jing dan mencintai Qi).

Ge Hong menasehati kita bahwa orang yang ingin Xiu Dao sampai menjadi Shen Xian, maka salah satu hal terpenting adalah “Berusaha mengatur kegiatan sexualitas; mengatur nafsu birahi masing-masing sesuai hukum alamiah.”

Dikatakan bahwa mengatur sexualitas berarti: menjaga jangan sampai berlebihan melakukan kegiatan sexualitasnya (Jangan berlebihan mengumbar nafsu birahi). Sebaliknya, juga jangan sampai kosong tanpa kegiatan sexualitas sama sekali sepanjang hidupnya, bisa-bisa berubah perangainya loh. (Yang laki2 bisa jadi kewanita-wanitaan, yang perempuan bisa berkumis, dsb.)

Dikatakan juga kalau terlalu mengumbar nafsu ataupun mengekang nafsu, akan menimbulkan berbagai penyakit yg merugikan buah pinggang dan otak serta jantung manusia. Sehingga akan menyebabkan orang menjadi pendek umurnya. Itulah sebabnya kalimat “HUAN JING BU NAO” (Membalikan mani untuk menguatkan otak), sesungguhnya mengandung arti bahwa orang yang bisa mengatur nafsu birahinya, maka dia akan memiliki lebih banyak energi/Qi yang bisa membuat otaknya lebih berpikiran positif dan lebih sehat. Bukan seperti gosip mixin yang sering digembar-gemborkan oleh oknum tertentu yang mengatakan sebagai membalikkan air mani ke otaknya untuk menguatkan otak mereka.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + twenty =