Adat Istiadat Rakyat di Kota Xiamen, Tiongkok

Spread the love

Tionghoa Org - Adat Istiadat Rakyat di Kota Xiamen, Tiongkok - 1Xiamen (厦门 dibaca: xià mén) adalah sebuah kota utama di bagian tenggara pantai pesisir Republik Rakyat Tiongkok dan menghadap Selat Taiwan. Berikut beberapa adat istiadat rakyat di kota Xiamen, Tiongkok:

Teh Gongfu

Tionghoa Org - Adat Istiadat Rakyat di Kota Xiamen, Tiongkok - Teh Gongfu

Xiamen adalah salah satu asal mula upacara minum teh gongfu (kung fu) dengan budaya minum teh yang mendalam. Inti dari budaya minum teh Xiamen adalah upacara minum teh, yang melibatkan lima elemen: daun teh, air, set teh, api, dan lingkungan. Orang Xiamen kebanyakan minum teh Oolong dan terutama menyukai Anxi Tieguanyin, yang dikenal sebagai teh kelas tertinggi. Orang Xiamen biasanya memulai hari mereka dengan membuat secangkir teh kungfu.

Jianggu

Tionghoa Org - Adat Istiadat Rakyat di Kota Xiamen, Tiongkok - Jianggu

Jianggu (讲古场 dibaca: jiǎng gǔ chǎng) adalah jenis cerita dalam dialek Minnan (provinsi Fujian selatan) dan dapat dilihat di Minnan, Taiwan, dan daerah berpenduduk Tiongkok di Asia Tenggara.

Pelaku biasanya menceritakan kisah dengan bahasa gaul, peribahasa atau doggerel yang hidup dan lucu, menggunakan nada dramatis, ekspresi wajah yang kuat, dan bahasa tubuh untuk menarik penonton. Ini adalah pertunjukan hiburan rakyat tradisional Tiongkok yang populer.

Perjudian Kue Bulan Pertengahan Musim Gugur

Tionghoa Org - Adat Istiadat Rakyat di Kota Xiamen, Tiongkok - Perjudian Kue Bulan Pertengahan Musim Gugur

Perjudian kue bulan Pertengahan Musim Gugur (中秋博饼 dibaca: zhōngqiū bó bǐng), bertaruh pada kue bulan, adalah permainan rakyat yang dimainkan di sekitar Festival Pertengahan Musim Gugur. Itu berasal dari Xiamen dan kemudian melakukan perjalanan ke tetangga Zhangzhou, Quanzhou dan Kinmen (Quemoy).

Ini adalah permainan yang dimainkan dengan enam dadu. Cukup lempar dadu ke dalam mangkuk dan pip berbeda yang Anda dapatkan akan mewakili berbagai peringkat penghargaan yang akan Anda menangkan.

Permainan judi memiliki enam peringkat penghargaan, yang diberikan nama-nama pemenang dalam ujian kekaisaran kuno: zhuangyuan, bangyan, tanhua, jinshi, juren dan xiucai.

Mengirim Kapal Wang

Tionghoa Org - Adat Istiadat Rakyat di Kota Xiamen, Tiongkok - Mengirim Kapal Wang

Perayaan yang disebut Song Wang Chuan (送王船 dibaca: sòng wáng chuán) adalah festival tradisional lama yang diadakan di desa-desa pesisir di provinsi Fujian dan Taiwan untuk mencegah malapetaka dan membawa berkah.

Juga dikenal sebagai Shao Wang Chuan dan Ji Wang Chuan, berasal dari tradisi bahwa para pelancong kuno melepaskan perahu kecil atau kapal yang dihias untuk berdoa demi keselamatan sebelum berlayar dan kemudian memasukkan pemujaan Zheng Chenggong, seorang laksamana Dinasti Ming (1368–1644). ) dan ritual Tao hai jiao. Sekarang telah berkembang menjadi kebiasaan tradisional yang menampilkan pertunjukan rakyat.

Kebiasaan itu menyebar ke Taiwan melalui perahu yang bepergian ke sana, migrasi dan kegiatan pertukaran agama. Ini menunjukkan rasa hormat orang Minnan (Fujian selatan) terhadap laut, kehidupan, perdamaian dan keadilan, serta simpati mereka terhadap kelompok rentan.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.

ten − eight =