Xiamen, Kota di Tiongkok Yang Serba Canggih & Modern

Spread the love

Xiamen (厦门 dibaca: xià mén) adalah sebuah kota utama di bagian tenggara pantai pesisir Republik Rakyat Tiongkok dan menghadap Selat Taiwan.

Xiamen secara pemerintahan diadministrasikan sebagai sebuah kota subprovinsial dari Provinsi Fujian, dengan luas wilayah 1.699,39 km2 dan populasi 3.531.347 jiwa berdasarkan Sensus 2010. Kawasan perkotaannya termasuk kawasan pulau kota tua dan meliputi kesemua enam distrik Xiamen (Huli, Siming, Jimei, Tong’an, Haicang, dan terbaru Xiang’an), dan memiliki total populasi perkotaan sebanyak 1.861.289 jiwa. Xiamen berbatasan dengan Quanzhou di sebelah utara dan Zhangzhou di sebelah selatan menjadikannya sebuah kawasan terpadu unik dengan lebih dari lima juta penduduk. Kepulauan Jinmen yang masuk dalam administrasi pemerintahan Republik Tiongkok berjarak kurang dari 10 km dari Xiamen.

Xiamen dan daerah pedesaan sekeliling Fujian selatan adalah kampung halaman bagi komunitas besar Tionghoa perantauan di Asia Tenggara. Xiamen merupakan sebuah kota pelabuhan perjanjian pada abad ke-19 dan salah satu dari empat kota Zona Ekonomi Khusus pertama yang dibuka untuk investasi dan perdagangan asing ketika Tiongkok memulai reformasi ekonomi pada awal tahun 1980-an. Hal ini diuntungkan dengan keberadaan institusi pendidikan dan kebudayaan yang didukung oleh diaspora Tionghoa perantauan. Pada tahun 2006, Xiamen menduduki peringkat ke-2 sebagai kota yang paling layak huni di Tiongkok, juga sebagai “kota yang paling santai romantis” Tiongkok tahun 2011.

Ini beberapa foto kota Xiamen, Tiongkok (sumber: Baidu)Tionghoa Org - Xiamen, Kota di Tiongkok Yang Serba Canggih & Modern - 1 Tionghoa Org - Xiamen, Kota di Tiongkok Yang Serba Canggih & Modern - 2 Tionghoa Org - Xiamen, Kota di Tiongkok Yang Serba Canggih & Modern - 3 Tionghoa Org - Xiamen, Kota di Tiongkok Yang Serba Canggih & Modern - 4


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × three =