Goji berry aka Wolfberry Untuk Hidup Sehat dan Awet Muda

Goji berry aka Wolfberry Untuk Hidup Sehat dan Awet Muda

Goji berry alias wolfberry (Hanzi: 枸杞, Pinyin: gǒuqǐ) telah menjadi bahan dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Sejak sekitar tahun 2000, goji berry dan produk turunannya menjadi umum di negara maju sebagai makanan kesehatan atau pengobatan alternatif.

Fakta menarik tentang goji berry

Ukuran goji berry mentah tidak lebih besar dari ujung jari kelingking.

Buah ini memiliki rasa yang sedikit manis.

Baik untuk kesehatan kulit.

Pada sebuah jurnal Tiongkok pada tahun 1994, menerbitkan tentang sebuah penelitian yang menyatakan bahwa goji berry ketika ditambahkan ke pengobatan sekitar 80 orang yang menderita kanker menunjukkan perbaikan.

Dipercaya goji berry dapat membantu melawan penuaan.

Goji berry memiliki kandungan Vitamin C tertinggi dari semua buah di dunia.

Mengkonsumsi goji berry setiap hari, seorang ahli herbal, ahli bela diri dari Tiongkok, Li Qingyun (Hanzi:李清雲, Pinyin:Lǐ Qīngyún) berusia hingga 256 tahun .

Cara mengkonsumsi goji berry

Buah yang juga dikenal sebagai kie cie ini, biasanya dikonsumsi setelah dikeringkan, bisa dimakan langsung ataupun diolah terlebih dahulu.

Bisa dimasak bersama dengan ayam, dengan cara mencampurkan berbagai macam herba ke dalam ayam dan kuahnya, dimasak hingga matang dan kuahnya lah yang mengamdung khasiat paling banyak, dikenal sebagai Ayam Obat dari Tiongkok.

Bisa juga disajikan sebagai minuman berupa teh herbal, caranya menyeduh goji berry dengan air panas, lalu diminum.

Selain itu, bisa juga sebagai campuran dalam makanan kesehatan seperti granola dan muesli.

Jika seseorang menderita demam, radang atau sakit tenggorokan, dan diare, tidak dianjurkan mengkonsumsi goji berryi selama periode waktu itu.

Dianjurkan dalam mengkonsumi goji berry, tidak melebihi 30 gram dalam sehari.

Manfaat goji berry

Goji berry mengandung banyak nutrisi, antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, zat besi, selenium, kalium, seng, dan tembaga.

Selain itu, ternyata goji berry juga mengandung antioksidan tinggi yang spesifik, yang disebut dengan Lycium barbarum polysaccharides. Antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, sehingga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Buah kecil bewarna merah ini, rasanya manis dan sifatnya tidak sejuk atau panas.

Tonik untuk hati dan ginjal, menambah esensi hidup, dan mencerahkan penglihatan.

Digunakan untuk mengobati pusing dan denging di telinga karena kekurangan Yin di ginjal dan darah menstruasi yang tidak cukup, penglihatan memburuk, nyeri punggung dan lutut.

Goji berry juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menurunkan berat badan, membantu mengontrol gula darah, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan memperlambat penuaan dini.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 2 =